Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Menghitung RAB Rumah dengan Cara Tembak Per M2 Apakah Valid?

Ketika orang akan membangun rumah  perlu mengetahui biaya yang diperlukan dengan cara menghitung rab rumah dengan cara yang benar. Kebanyakan orang awam dalam rangka mempersiapkan biayanya kadang-kadang menghitungnya dengan cara yang salah yaitu cara tembak per meter persegi (M2), dengan cara mencari info kasana ke mari mengenai standard biaya membangun per M2.

menghitung rab rumah cara tembak m2Info tersebut biasa didapat dari tetangga, teman, atau tukang bangunan yang sudah berpengalaman membangun rumah. Selanjutnya cukup mengalikan harga satuan M2 dengan luas bangunan yang akan dibangun. Misalnya rumah yang akan dibangun luasnya 100 M2, dan harga standard yang didapat bermacam-macam misalnya : Rp. 2 juta, 2,5 juta, dan 3 juta, lalu mengambil yang 2,5 juta. Maka biay yang diperlukan kurang lebih Rp. 250 juta rupiah.

Apakah angka tersebut valid dan dapat dipercaya? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak, sebab itu merupakan harga perkiraan (estimasi) yang tidak memiliki dasar perhitungan berdasarkan pengetahuan, tapi berdasarkan pengalaman dari yang memberikan informasi tersebut. Barangkali angka tersebut bisa benar dan tepat dengan catatan Anda membangun rumahnya harus persis dengan bangunan rumah orang yang telah memberikan informasi harga, persis ukuran bangunannya, persis bahan materialnya, dan menggunakan tenaga kerja bangunan yang sama.

Jadi cara perhitungan RAB tersebut tidak berlaku umum, dan tidak bisa digunakan oleh bangunan yang berbeda, dan tenaga kerja yang berbeda. Oleh sebab itu jika Anda ingin menghitung biaya membangun rumah harus menggunakan cara-cara yang berdasarkan ilmu pengetahuan bangunan yang dimulai dengan mempersiapkan gambar desain rumah lengkap, kemudian menghitung RAB rumah dengan menggunakan analisa AHS-SNI berdasarkan volume pekerjaan yang dihitung menggunakan gambar desain rumah yang telah dibuat.

Sebaiknya untuk menghitung biaya membangun rumah jangan asal main tembak walaupun hanya untuk keperluan penyediaan dana, misalnya sebagai perkiraan besaran dana pinjaman bank. Akibatnya nanti jika dana yang disediakan terlalu kecil hingga bangunan tidak selesai, lebih baik kelebihan dari pada kekurangan.. caranya dengan menggunakan cara yang benar, misalnya menggunakan alat bantu Software RAB Rumah.

Jawaban dari pertanyaan Apakah menghitung RAB rumah dengan cara tembak per M2 apakah valid? Jawaban yang tepat adalah tidak valid dan bahkan akan menyesatkan.



Updated: 18 Desember 2014 — 3:33 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme