Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Menyewa Rumah

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyewa sebuah rumah

MENYEWA RUMAH menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin memiliki hunian sendiri, tetapi belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Meski relatif mudah menemukan rumah untuk diisewa, ada beberapa hal yang patut dicermati agar Anda bisa merasakan kenyamanan yang optimal.

lingkungan rumah tinggal sederhanaHal pertama adalah memperhatikan Iingkungan rumah. Poin ini menjadi sangat penting demi kenyamanan Anda dan keluarga saat menempati rumah tersebut. Untuk itu, Anda sebaiknya jangan terburu-buru saat melakukan survei. Anda bisa berjalan ke lingkungan sekitar danĀ  berkomunikasi dengan warga yang telah terlebih dahulu tinggal disana.

Bila perlu, ajaklah si pemilik rumah untuk berkeliling. Lebih baik Anda melakukan kegiatan ini pada senja atau malam hari karena pada saat inilah sebagian besar waktu akan dihabiskan di rumah, perhatikan penerangan jalan dan kondisi di sekitar. Kemudian perhatikan lokasi rumah, apakah rawan banjir atau tidak.

Kaamanan juga menjadi hal yang harus diberi sorotan, tanyakan pada pemilik rumah atau warga sekitar tentang sistem keamanan yang berlaku di sana. Kondisi jalan masuk dan akses ke fasilitas-fasilitas umum, seperti rumah sakit, pasar, ataupun pusat perbelanjaan barangkali bisa menjadi nilai tambah. Begitu pula dengan ada atau tidaknya angkutan umum yang menjangkau daerah rumah yang akan disewa.

Jika akan membawa hewan peliharaan, sebaiknya Anda tanyakan pada pemilik rumah apakah diizinkan atau tidak. Dengan beberapa alasan tertentu misalnya takut mengotori tembok atau membuat takut warga sekitar ada pemilik rumah yang merasa keberatan jika ada orang yang membawa hewan peliharaan ke daiam rumah.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah besarnya tempat parkir yang tersedia. Jangan sampai Anda harus memikirkan tempat lagi untuk memarkir mobil. Kendaraan yang diietakkan di dekat rumah tentu relatif jauh lebih aman bukan?

Jika Anda ingin sedikit melakukan perbaikan pada rumah agar lebih nyaman maka perhitungkan pula ongkosnya, kecuali jika sipemilik rumah yang hendak membayar samua ongkos tersebut. Perhatikan perbaikan mana saja yang Anda inginkan dan hitung biaya yang dibutuhkan agar budget bisa tetap terjaga.

Setelah itu, Anda tinggal membuat perjanjian kontrak dengan pemiliik rumah. Cermati setiap syarat yang diajukan, jangan ragu untuk bertanya atau menyatakan keberatan pada syarat yang dirasa mengganjal. Tanyakan pula fasilitas yang bisa didapat dengan uang sewa yang diajukan. [ASP][Kompas, 26/5/12]



Updated: 26 Mei 2012 — 8:28 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme