Desainrumahsederhana.com

Denah, tampak, potongan, gambar 3D, rab rumah, material bangunan

Merancang Denah Rumah KPR BTN Type 21/60 Posisi di Tengah

[Denah Rumah KPR Type 21-60 Tengah]Bagi Anda yang akan merenovasi total Rumah KPR BTN Type 21/60 yang letaknya di tengah, artikel ini bisa Anda jadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan untuk menentukan desain tata ruang atau denah rumah anda.

Untuk merancang desain tata ruang (denah) seperti rumah anda tersebut agak susah, sebab rumah anda bagian samping kanan, samping kiri, dan bagian belakang sudah ada tembok rumah orang. Walaupun, tetangga anda pada saat ini belum membangun rumahnya masing masing..tetap saja pada suatu saat rumah anda akan tertutup.

Tapi, ada untungnya bagi anda..seandainya tetangga anda belum membangun, merupakan kesempatan baik bagi anda untuk leluasa merenovasi rumah tanpa harus mengganggu tetangga. Ok! Sebelum anda melakukan renovasi rumah anda, tentunya anda sampai saat ini masih bingung bagaimana mendesain tata ruang yang baik, cukup cahaya, cukup udara, peletakan ruangan yang tepat, dsb.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menentukan tata ruang, adalah:

  1. Menghadap kemana rumah anda? (barat, timur, utara, selatan). Arah berguna untuk menentukan dimana sebaiknya membuat tempat jemuran pakaian. Tempat jemuran pakaian yang baik adalah tersinari matahari pagi mulai pk.8 s/d pk 12. Jika rumah anda menghadap ke barat, maka tempat jemuran baiknya di belakang.
  2. Berapa ukuran panjang dan lebar lahan (sudah pasti 6 x 10 meter bukan?). Untuk menentukan ketepatan as denah rumah anda. 6 meter dan 10 meter tentunya batas luar rumah anda, bukan as tembok rumah anda.
  3. Tentukan nama-nama dan jumlah ruangan yang anda perlukan. Tulis nama, jumlah, dan ukuran ruangan yang anda perlukan. Ini penting, dengan menginventarisir kebutuhan dan luas ruangan maka anda akan dapat menyesuaikan dengan luasan lahan yang tersedia. Apabila luasan yang ada tidak mencukupi, maka kekurangannya bisa ditempatkan di lantai dua. Misalkan jumlah luasan ruangan yang anda perlukan 60 m2, maka anda harus membuat 2 lantai. Dari luasan lahan 60 m2 yang dapat digunakan untuk ruangan rumusnya : 60 m2 diambil luas (koridor/serambi depan, carport [jika perlu], ruang terbuka di bagian dalam/belakang, dan ruang tangga). Apabila sisanya hanya 25 m2, maka kekurangannya adalah 35 m2 untuk ditempatkan di lantai 2.

Contoh denah bisa Anda download disini.. (format .rar).  Bagi anda yang belum tahu cara mengubah format .rar ke format aslinya (jpg), caranya sorot file lalu klik kanan mouse.. lalu pilih Extract Here. Semoga bermanfaat.

Desain Rumah Sederhana © 2015 Frontier Theme