Merancang Desain Renovasi Rumah Sederhana KPR Type 21/60 | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Desain » Merancang Desain Renovasi Rumah Sederhana KPR Type 21/60

Merancang Desain Renovasi Rumah Sederhana KPR Type 21/60

February 28th, 2012 3 Comments

Jika Anda salah seorang pemilik rumah Sederhana KPR Type 21/60 yang sampai saat ini belum sempat merenovasi rumah Anda sesuai kebutuhan keluarga karena alasan tertentu, mungkin pada suatu saat nanti ketika segala sesuatunya telah siap,  maka Anda pasti akan berfikir dan bertanya-tanya kepada tetangga atau teman yang mengetahui tentang bagaimana mengatur dan merencanakan desain sebuah rumah sederhana yang cocok dan sesuai dengan selera Anda.

Rumah KPR Type 21/60, dimana luas bangunan hanya 21 meter persegi dengan luas lahan 60 meter persegi jika tidak direnovasi sangat tidak mencukupi untuk kebutuhan hunian suatu keluarga sekalipun keluarga kecil. Sebuah rumah yang layak huni, tentu saja minimum harus memenuhi kebutuhan ruangan yang diperlukan bagi penghuninya. Misalnya sebuah keluarga kecil dengan 2 anak memerlukan minimum 2 kamar tidur anak, dan 1 kamar tidur utama (suami/istri), 2 kamar mandi/toilet, 1 ruang keluarga, dan 1 dapur. Lebih baik lagi ada ruang tamu yang terpisah dengan ruang keluarga. Bagi yang memiliki kendaraan, tentunya perlu sebuak carport. Space lain yang tidak kalah pentingnya adalah ruang tempat jemur pakaian dan ruang santai (taman + kolam ikan hias minimalis).

Untuk memenuhi kebutuhan ruangan tersebut dengan luas lahan hanya 60 meter persegi tentu saja tidak memungkinkan jika tidak menambah lantai. Seandainya Anda Anda akan menambah membuat lantai maka katakanlah Anda memiliki luas lahan 2 x 60 = 120 meter persegi. Maksud saya bukan berarti Anda harus membuat full lantai atas, tapi hanya sebagai asumsi atau pedoman untuk merancang desain tata ruang rumah. Sebuah rumah harus dirancang sedemikian rupa dengan berpedoman pada luas lahan yang dimiliki, dengan perbandingan minimum 60 : 40 atau 60% ruangan tertutup dan 40% ruang terbuka. Yang saya maksud ruang terbuka disini adalah ruang full terbuka tanpa atap dan ruang terbuka beratap tapi tanpa dinding.

Jadi jika lahan Anda 120 m2  maka yang dapat anda bangun adalah 72 m2 untuk ruang tertutup, sedangkan untuk ruang terbuka adalah 48 m2, maka rincian analisa kebutuhan ruangan adalah sebagai berikut :

A. Ruangan tertutup (72 m2)

1 bh  kamar tidur utama = 3 x 4 m = 12 m2
2 bh kamar tidur anak = 2 x (3 x 3 m) = 18 m2
2 bh kamar mandi/wc = 2 x (2 x 1,5 m) = 6 m2
1 bh ruang dapur = 2 x 3 m = 6 m2
1 bh ruang keluarga 4 x 6 m = 24 m2
1 bh ruang gudang 2 x 3 m = 6 m2

B. Ruang Terbuka : 48 m2

1 bh carport 3 x 4 = 12 m2
1 bh serambi/teras depan = 2 x 3 m = 6 m
1 bh ruang jemur  = 2 x 3 m = 6 m2
1 taman full terbuka 2 x 3 x 3 m = 18 m2 (mengambil lahan lantai atas)
1 bh ruang tangga = 2 x 3 m = 6 m2

Dari analisa kebutuhan tersebut selanjutnya Anda dapat merencanakan berapa meter persegi harus membangun lantai bawah dan berapa meter persegi membangun lantai atas. Silahkan untuk petetakan tata ruangnya dapat Anda tentukan sesuai selera. Tapi sudah jelas untuk ruang terbuka  (carport) tentunya hanya bisa dibangun di lantai bawah.



semoga teman suka..


Daftarkan Email

Untuk berlangganan update artikel Blog ini via Email, Silahkan Masukan Email Anda:

Jangan lupa konfirmasikan email Anda

3 Responses to “Merancang Desain Renovasi Rumah Sederhana KPR Type 21/60”

  1. Eriell Salim says:

    Love to join this club

  2. Armstrong Indonesia says:

    tips yang bermanfaat

  3. toko sprei says:

    Artikelnya bermanfaat…Bisa dijadikan inspirasi untuk merenovasi rumah sesuai typenya

 
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
Berlangganan artikel By Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Direktori WeBlog Indonesia

  Find us on Google+
StatBlog