Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Merancang Rumah Tinggal

Merancang Sebuah Rumah Tinggal Sederhana



Batasan sebuah rumah tinggal sederhana bisa dilihat dari segala sisi. Dari luasan lahan dan bangunan, nilai, jenis bahan/material yang digunakan dan lain sebagainya. Di perkotaan yang dapat memiliki rumah besar, mewah hanyalah bagi masyarakat berkantong tebal, sedangkan masyarakat berkantong tipis hanya mampu membeli rumah sederhana/perumahan yang didirikan pada lahan yang sempit dengan cara kredit atau yang disebut Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Mereka yang mendapat kesempatan memeliki rumah KPR pun terbatas, hanya bagi masyarakat menengah ke bawah yang memiliki penghasilan tetap bulalan baik sebagai PNS atau sebagai Karyawan SwastMasyarakat kecil yang tidak memiliki kriteria tersebut terpaksa harus menjadi penyewa atau pengontrak sepanjang tahun.

Rumah sekecil atau sesederhana apapun adalah tempat tinggal sebuah keluarga dimana ada peribahasa ” Rumahku adalah Istanaku” itu memang benar adanya. Jadi rumah itu sekalipun kecil dan sederhana harus dapat memberikan kenyamanan pada penghuninya. Sebuah rumah yang baik harus dirancang sedemikian rupa letak dan tata ruangnya, ventilasi, pencahayaannya, termasuk kekuatannya. Tidak harus mewah namanya juga rumah sederhana.

Denah

Denah rumah adalah merupakan bagian yang pertama kali harus dipertimbangkan secara matang dalam merancang sebuah rumah. Denah adalah peta tata ruang yang menggambarkan posisi atau letak ruangan yang akan kita bangun. Dalam mengatur tata latak ruangan dalam sebuah rumah dengan cara merancang denah rumah yang baik.  Tata letak ruangan yang baik harus sesuai dengan kebutuhan dan enak dipandang.

Ventilasi

Sebuah rumah yang baik dan sehat harus memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Setiap ruangan harus memiliki luban udara yang cukup langsung dari luar. Sebuah kamar tidur yang tidak memiliki ventilasi langsung dari ruang terbuka sangat tidak sehat. Pengambilan sirkulasi udara bebas apabila terpaksa tidak dapat diambil dari dinding rumah, maka bisa juga diambil dari atas dengan teknik dan cara yang baik.

Cahaya

Rumah yang memiliki jendela yang aksesnya yangsung ke ruang terbuka akan memberikan cahaya yang cukup dan sempurna, sehingga pada siang hari tidak perlu menggunakan lampu penerangan. Pada kasus rumah lahan sempit di perkotaan sangat banyak ditemukan ruangan yang selalu menggunakan penerangan listrik siang-malam, padahal jika dirancang dengan baik hal ini tidak perlu terjadi.

 

 

 

 



Updated: 20 Juli 2011 — 1:11 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme