Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Merencanakan Rumah Sederhana Minimalis di Lahan Sempit

Rumah Sederhana Minimalis –  Sebuah rumah sederhana minimalis di atas lahan sempit seperti ukuran 6 x12 m agar interiornya terkesan luas, tampilannya sederhana tapi enak dipandang, memerlukan sebuah rancangan desain yang mempertimbangkan berbagai aspek. Rumah sederhana minimalis merupakan konsep rumah yang lebih mengutamakan fungsi (kepentingan) dan meminimalkan hal-hal yang kurang berfungsi, seperti aksesoris dan dekorasi. Dalam konsep rumah minimalis, aksesoris dan dekorasi seperti ornamen-ornamen yang kurang berfungsi lebih dikesampingkan, sehingga rumah tampak sederhana.

 

rumah-sederhana-minimalis

 

Agar interior rumah terkesan luas, caranya bisa dengan menggabungkan beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur tanpa dinding penyekat. Tata letaknya bisa dibentuk huruf L,  agar dapur dan ruang makan tidak terlihat dari ruang tamu.

Meminimalkan ukuran dan jumlah kamar tidur merupakan bagian dari konsep desain rumah minimalis, yaitu penggunaan ruangan yang seperlunya tetapi tetap memberikan kenyamanan. Sebuah ruangan yang berukuran sempit agar tetap nyaman ditempati caranya dengan sistem pencahayaan alami dan ventilasi yang cukup,  tinggi dinding minimal 320 cm (menambah volume ruangan) .  Ukuran ruangan yang sempit dengan plapond pendek akan membuat ruangan menjadi sumpek dan sangat tidak nyaman.



Untuk aspek kesehatan rumah, wajib mengalokasikan lahan kosong di sudut bagian belakang untuk space ruang terbuka yang berfungsi sebagai ventilasi dan pencahayaan. Perbandingan antara luas bangunan dengan luas tanah yang ideal adalah 60% bangunan dan 40% tanah terbuka. Apabila luas lahan = 72 M2, maka luas bangunan = 42 M2 (rumah 1 lantai), lahan tanpa bangunan = 30 M2.  Namun dalam jangka panjang luas bangunan 42 M2 tidak akan mencukupi kebutuhan keluarga, maka untuk memenuhi kebutuhan ruangan tidak ada jalan lain harus merencanakan rumah 2 lantai dengan luas bangunan lantai 1 + lantai 2 maksimum 84 M2. Dengan pandai-pandai mengoptimalkan fungsi dan kebutuhan ruangan, dapat diatur sehingga luasan tersebut mencukupi kebutuhan.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait perencanaan rumah sederhana minimalis di atas lahan sempit, misalnya ukuran  6 x 12 meter. Semoga bermanfaat!

Updated: 6 November 2014 — 6:53 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme