Nuansa Rumah Pedesaan Lereng Gunung Tampomas | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Arsitektur » Nuansa Rumah Pedesaan Lereng Gunung Tampomas

Nuansa Rumah Pedesaan Lereng Gunung Tampomas

November 13th, 2012 0 Comments

desain rumah sederhana pedesaanNuansa pedesaan yang sejuk, udara yang bersih tanpa polusi, air yang jernih keluar dari mata air, pemandangan pegunungan dan pesawahan yang sangat indah , membuat para pemudik enggan kembali ke kota. Itulah kampung halaman saya yang lokasinya kurang  15 km dari pusat kota Sumedang. Lokasinya di lereng sebuah gunung Tampomas, satu-satunya gunung yang paling besar di Sumedang. Lereng gunung tersebut sekelilingnya dihuni mayarakat pedesaan yang meliputi 3 wilayah kecamatan. Kecamatan Cimalaka, kecamatan Buahdua, dan kecamatan Tanjungkerta.Ketiga kecamatan tesebut merupakan daerah surplus air, sebab letaknya di lereng gunung, bahkan dibeberapa tempat terdapat air panas. Kalau Anda di kota suka jajan di kaki lima “Warkop Tampomas”, coba tanyakan ke pemilik warkop tentang daerah yang saya sebutkan di atas.  Latar gambar rumah adalah Gunung Tampomas – Sumedang.

Rumah-rumah di pedesaan wilayah tersebut tentu saja sangat nyaman. Orang-orang yang tergolong kaya dan kebetulan tinggalnya di pinggir Jalan Llingkar  Tampomas (Cimalaka – Conggeang – Buahdua – Tanjungkerta), rumahnya besar-besar dengan atap yang tinggi.  Dalam postingan kali ini saya sharing redesain rumah pedesaan sederhana, besar, dengan kemiringan atap curam.  Sebuah rumah besar dengan desain klasik dan sederhana saya buatkan untuk Anda yang menyukai kesederhanaan dan memiliki kemampuan biaya untuk membuat sebuah rumah besar. Dalam redesain tersebut banyak yang saya hilangkan, terutama pada bagian dapur. Sebab asli rumah pedesaan, pada bagian belakang biasanya ada dapur yang luas, ada gudang padi, ada gudang kayu bakar, juga sebagai tempat hasil tani lainnya seperti buah-buahan dan umbi-umbian, sementara biasanya disimpan di rumah bagian belakang/dapur.

Redesain yang saya tampilkan hanya saya ambil rumah bagian depannya saja, sehingga dapat diaplikasikan oleh Anda di kota dan cocok untuk dijadikan pradesain sebuah Villa di pinggiran kota.

[denah rumah pedesaan]

Denah rumah tersebut saya buat tidak formal, tetapi notasi ukuran semua ruangan cukup jelas bisa dibaca, sehingga Anda Dapat membayangkan nuansa di dalam rumah tersebut seandainya Anda memilili sebuah rumah dengan desain rumah pedesaan di atas. Semoga  Anda terinspirasi oleh nuansa rumah pedesaan untuk diaplikasikan di kota. Desain rumah di atas, original saya buat.. dan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk Anda sebagai pengguna, atau dapat dijadikan bahan inspirasi bagi Anda para desainer arsitektur.



Gimana posting saya..Teman SUKA?


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Rumah Dijual – Ciomas Bogor
tampak-depan

Alat Membuat RAB Rumah

Google PageRank Checker