Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Penggunaan Material Bangunan Berbahan Metal Menghemat Biaya Pemeliharaan

hollow rangka plapondSeiring perkembangan teknologi industri bahan material bangunan, penggunaan material bangunan berbahan metal (pengganti bahan material kayu) sangat menghemat biaya pemeliharaan dalam jangka waktu yang cukup panjang.



Penggunaan kayu untuk material bangunan pada saat ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan bahan material berbahan metal. Bahan material kayu yang memiliki kualitas baik pada saat ini sudah sangat langka dan harganya sangat tinggi dan hanya golongan tertentu saja yang mampu membeli bahan kayu berkualitas untuk bangunan rumah tinggal, seperti kayu jati, kayu kamper oven, kayu damar laut, dan lain-lain yang memiliki kualitas baik dan memiliki daya tahan puluhan bahkan ratusan tahun.

rangka baja ringan atapBahan material kayu yang pada saat ini banyak dijual di toko-toko bahan bangunan kebanyakan kayu lokal yang kualitasnya kurang begitu baik, cepat kena hama kayu, cepat lapuk dan daya tahannya hanya beberapa tahun sudah harus diganti. Harga kayu seperti itu memang relatif murah.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan adanya bahan-bahan material bangunan dari bahan metal menjadi alternatif dan pilihan yang baik sebagai pengganti bahan kayu berkualitas baik ketimbang menggunakan kayu yang berkualitas rendah yang pada suatu saat menuntut biaya pemeliharaan dan perbaikan yang besar.

Bahan material berbahan metal pada saat ini banyak dijual di toko-toko bahan bangunan seperti bahan material metal seperti hollow untukĀ  plapond, baja rungan untuk rangka atap, aluminium untuk kusen, daun pintu/jendela. Dengan adanya bahan material metal, maka kita bisa membangun rumah tanpa menggunakan bahan kayu, sehingga dalam jangka waktu yang cukup panjang kita bebas dari biaya pemeliharaan, terutama perbaikan atau rehab.

Harga bahan material metal bila dibandingkan dengan bahan material kayu yang berkualitas jauh lebih murah, tetapi kalau dibandingkan dengan bahan material kayu lokal yang kurang berkualitas lebih mahal. Namun kalau kita hitung dengan melihat jangka panjang maka secara umum jatuhnya lebih murah, sebab kita akan bebas biaya perbaikan jika menggunakan kayu yang tidak tahan lama.

Itulah sekilas tentang bahan meterial metal sebagai alternatif pengganti bahan kayu berkualitas yang harganya sangat mahal dan tidak terjangkau oleh kalangan masyarakat biasa.

Updated: 26 Agustus 2015 — 10:26 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme