Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Pentingkah Memiliki Gambar Desain Rumah Sebelum Membangun?

gambar desain rumah perlu dimiliki sebelum membangunSebuah pertanyaan, “Pentingkah memiliki gambar desain rumah sebelum membangun? Kalau pertanyaan ini saya lemparkan ke umum, maka jawabannya akan bermacam-macam. Bisa penting, atau tidak penting, atau lumayan penting.  Kalau orang awam yang tinggal di perkampungan sudah pasti akan menjawab tidak penting, sebab mereka selama ini kalau membangun rumah tidak pernah memiliki gambar, karena mereka menyerahkan semua urusan bangunan rumah kepada tukang bangunan yang sudah dianggap pakar di lingkungannya. Gambar sebenarnya ada, tetapi sudah ada diotak tukang bangunan tersebut. Biasanya rumah di kampung modelnya seragam, baik tampilannya maupun susunan letak ruangannya.



Untuk masyarakat yang sudah maju tentu akan berbeda, dan akan mengatakan bahwa gambar perencanaan atau desain rumah diperlukan sebelum membangun. Gambar perencanaan juga sangat berkaitan dengan Rencana Anggaran Biaya membangun yang diperlukan. Tanpa gambar desain rumah, maka RAB rumah tidak akan bisa dibuat.

Kalau saya sendiri pasti akan menjawab bahwa memiliki gambar desain rumah atau gambar perencanaan sangat penting. Sebab gambar perencanaan merupakan dasar dan patokan untuk pelaksanaan membangun agar bangunan yang dihasilkan sesuai dengan rencana tersebut, minimum hasil pelaksanaannya tidak jauh menyimpang. Kaitannya dengan anggaran biaya yang diperlukan, gambar merupakan dasar untuk menentukan biaya. Tanpa mengetahui biaya yang diperlukan, maka kita akan kesulitan dalam menyediakan biaya tersebut.

Membangun rumah tanpa rencana menurut saya seperti mengerjakan sesuatu tanpa tujuan, dan hasilnya pun tidak jelas ingin apa atau ingin seperti apa, semua tidak jelas. Gambar desain rumah yang lengkap, modelnya yang keren, biayanya yang jelas merupakan tujuan yang diinginkan dan sebagai pedoman untuk pelaksanaan, sehingga hasilnya akan mendekati keinginan baik bangunannya maupun biayanya.

Updated: 1 September 2014 — 12:15 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme