Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Pentingnya Membuat Gambar Perencanaan dan RAB Sebelum Membangun Rumah

gambar perencanaan rumahMembangun rumah bukanlah membuat makanan yang bisa dibuat sembarangan tanpa perhitungan. Ada banyak orang yang membangun rumah akhirnya tidak selesai. Hal itu bisa salah satunya disebabkan karena membuat rumah tanpa perencanaan yang jelas. Ada pula yang mengeluarkan uang habis-habisan untuk bangunan rumahnya, tapi ujung-ujungnya rumah yang diharapkan menjadi bangunan yang indah, hasilnya kacau balau. Apa Anda ingin mengulangi kesalahan lama atau kesalahan tetangga Anda? Tentu tidak bukan. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk menggunakan gambar perencanaan dan Rancangan Anggaran Biaya sebelum membangun sebuah rumah. Kenapa ini diperlukan? Ada beberapa alas an yang bisa Anda pahami, diantaranya adalah sebagai berikut:



  1. Dengan Rencana Anggaran Biaya rumah akan menjadi acuan bagi pemiliki rumah untuk memperkirakan berapa modal yang harus disiapkan untuk menyelesaikan bangunan sebuah rumah. Meskipun tidak akurat tetapi mendekatai angka yang telah diprediksi melalui perhitungan Rencana Anggaran Biaya.
  2. Anda bisa memprediksikan jika Anda dikemudian hari berniat untuk membangun sebuah rumah baru dengan konsep perhitung Rencana Anggara Biaya seperti sebelumnya, tentunya dengan menyesuaikan berbagai harga material dan upah pekerja.
  3. RAB (Rencana Anggaran Biaya) akan membuat Anda bisa lebih hemat  dalam mengeluarkan anggaran pembiayaan pembangunan. Anda bisa saja tampil boros dan tidak efisien dalam biaya untuk pembangunan rumah Anda.

gambar perencanaan rumahSebelum menghitung RAB, setidaknya ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Desain bangunan dalam bentuk gambar rencana bangunan ini yang menjadi acuan utama untuk proses perhitungan.
  2. Rencana Kerja dan Syarat-syarat biasa dikenal dengan RKS yang merupakan spesifikasi kerja secara teknis.
  3. Volume dari tiap item pekerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Daftar kuantitas harga masing-masing material bangunan dan harga upah pekerja
  5. Harga untuk satuan pekerjaan.
  6. Metode kerja dari pelaksanaan.

Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB) merupakan bagian terpenting dari perencanaan sebuah bangunan, termasuk bangunan rumah. RAB juga dikenal sebagai rincian biaya bangunan yang merupakan estimasi biaya sebuah bangunan yang hitungannya berdasarkan gambar rencana atau gambar kerja, seperti denah, tampak, potongan, dan detail-detail gambar tadi. Jadi,  gambar rencana dan RAB merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, yang satu sama lainnya saling terkait. Tanpa gambar, maka tidak dapat mengestimasi biaya. Sebaliknya, gambar tanpa RAB akan sangat sulit dilaksanakan. Oleh  karena begitu pentingnya gambar dan RAB dalam sebuah rencana bangunan, maka keduanya sangat penting dibuat ketika akan membangun sebuah bangunan, termasuk bangunan rumah.

Setelah Anda membuat rumah dengan RAB, bisa Anda bandingkan dengan ketika Anda membuatnya tanpa menggunakan RAB, bisa Anda nilai sendiri mana yang lebih hemat bukan? Banyak cara untuk membuat RAB rumah, bisa meminta bantuan teman, konsultan perencana, atau membuat sendiri apabila Anda punya keahlian bangunan, atau bagi yang kurang memiliki keahlian bangunan bisa menggunakan alat bantu membuat RAB rumah, seperti Software RAB Rumah. Cara menggunakan Software RAB cukup mudah, Anda tinggal input data volume pekerjaan sesuai gambar rumah yang akan dihitung RABnya, kemudian edit harga satuan bahan sesuai harga setempat, maka RAB rumah Anda secara otomatis sudah jadi, tinggal dilihat atau dicetak ke printer. Gambar rumah sebagai dasar perhitungan tidak usah yang bagus, cukup dengan denah yang ukurannya lengkap.. sebab hanya dengan gambar denah lebih dari 70% volume pekerjaan sudah dapat Anda hitung.  Penjelasan lengkap tentang Software RAB, silahkan kunjungi www.softwarerab.com.

Updated: 20 September 2014 — 5:00 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme