Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Persiapan Sebelum Pelaksanaan Membangun Rumah

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum membangun rumahApa yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melaksanakan keinginan untuk membangun sebuah rumah idaman? Kebanyakan orang pasti akan menjawab : “Biaya yang cukup”. Memang benar, itu adalah jawaban yang sangat jitu, sebab tanpa biaya yang cukup.. mana bisa kita dapat mewujudkan keinginan untuk dapat pelaksanakan keinginan membangun sebuah rumah idaman.

Namun jawaban di atas walaupun jitu, tetapi masih bersifat umum.. sebab belum menjelaskan berapa jumlah biaya yang harus disediakan, seperti apa rumah yang diinginkan, bahan material seperti apa yang akan digunakan, dst.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun rumah, agar rumah yang akan kitawujudkan sesuai dengan keinginan, sesuai dengan dana yang tersedia. Inilah yang perlu dipersiapkan:

  1. Gambar perencanaan
  2. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
  3. Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  4. Sistem Pelaksanaan Pembangunan

 

Gambar Perencanaan

Gambar perencanaan sangat penting dibuat, sebab gambar perencanaan ibarat pola bagi seorang tukang jahit. Gambar perencanaan merupakan pedoman bagi pelaksanaan pembangunan. Membangun rumah tanpa gambar bisa saja dilaksanakan oleh tukang bangunan yang sudah berpengalaman, dengan cara melaksanakan apa yang pernah dia kerjakan di tempat lain. Namun hasilnya tidak dijamin dapat memberikan kepuasan bagi sipemilik rumah, sehingga akhirnya menjadi masalah.. bahlan merasa dirugikan karena harus banyak melakukan perubahan.

Gambar perencanaan berupa gambar-gambar : denah, tampak (depan, samping, belakang), potongan (memanjang/melintang), rencana atap, detail-detail (pondasi, kusen, pembesian beton, dst..), Gabar tampilan 3D. Dengan berdasarkan gambar-gambar tersebut maka pelaksanaan pembangunan rumah akan dapad dilaksanakan dengan baik.
 

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Dengan membuat RAB, maka kita akan mengetahui dengan pasti kebutuhan biaya yang harus disediakan untuk pelaksanaan pembangunan rumah kita. RAB bisa dibuat apabila gambar-gambar perencanaan di atas sudah dibuat, tanpa gambar tidak akan dapat membuat RAB. Software untuk membuat RAB rumah, Anda bisa membelinya di www.softwarerab.com.
 

Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Ini sangat penting, dan merupakan kewajiban kita sebgai warga negara yang baik. Kewajiban membuat IMB diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan barang siapa tidak melaksanakannya akan mendapat sanksi, diantaranya pembongkaran bangunan atau penghentian pembangunan. Kalau hal tersebut terjadi, maka kita bisa membayangkan kerugian akibat kita tidak membuat IMB.
 

Sistem Pelaksanaan

Sistem pelaksanaan harus kita rencanakan, apakah akan menggunakan sistem borongan atau sistem kerja harian. Kalau akan menggunakan sistem borongan, maka kita perlu proses pemilihan dan penunjukan pemborong yang akan kita gunakan dengan menggunakan prosedur/proses penunjukan dan pemilihan yang benar melalui seleksi dan evaluasi persyaratan, pengalaman dsb. Apabila akan menggunakan sistem harian, maka kita harus menyediakan/rekruitmen tenaga-tenaga kerja bangunan yang berpengalaman membangun rumah, serta menunjuk seseorang yang memiliki keahlian untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan rumah.



Itulah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum Anda melaksanakan pembangunan rumah. Dengan mempersiapkan keempat hal di atas, saya yakin hasilnya akan sesuai dengan apa yang diinginkan dan sesuai rencana. Semoga bermanfaat!

Updated: 1 Juni 2014 — 9:47 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme