Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Pondasi Bangunan Rumah Tinggal

pondasi bangunan rumah tinggal

Gambar Pondasi Batu Kali

Pondasi merupakan komponen yang sangat penting pada setiap bangunan apa saja termasuk bangunan rumah. Konstruksi pondasi yang kokoh akan membuat sebuah bangunan berdiri tegak, kokoh dan kuat apabila terjadi pergerakan tanah atau gangguan alam dalam batas tertentu.

Oleh karena itu kita kalau merencanakan membangun sebuah rumah jangan menganggap remeh pekerjaan pondasi. Jangan merasa bahwa pondasi tidak terlihat oleh mata karena terkubur tanah, sehingga membuat pondasi asal-asalan.

Konstruksi pondasi untuk bangunan gedung rumah tinggal pada umumnya menggunakan pasangan batu belah atau batu kali dengan kedalaman tertentu tergantung jenis tanahnya. Untuk jenis tanah yang stabil dan berbatu kedalaman pondasi untuk rumah 1 lantai minimum 80 cm tidak perlu pondasi plat beton (cakar ayam) pada setiap sudut dan pertemuan dinding. Sedangkan kalau untuk bangunan rumah 2 lantai kedalaman pondasi minimum 120 cm dan setiap sudut dan pertemuan tembok atau bawah kolom perlu dipasang pondasi plat beton bertulang tebal 20 cm.

Tahapan pembuatan pondasi batu kali

  1. membuat galian pondasi sesuai ukuran lebar dan dalam pondasi.
  2. memadatkan dasar galian pondasi menggunakan alat pemadat tanah manual atau hand stampler.
  3. memasang pasir urug setebal 5 cm dan dipadatkan
  4. memasang pasangan batu kosong dengan ketebalan 20 cm, dan sebaiknya menggunakan ukuran batu yang sesuai, dan dipadatkan. Pemasangan batu kosong (tanpa adukan) harus rapat dan kalau menggunakan batu belah, posisi peletakan batu hatus miring/berdiri.
  5. memasang pondasi batu dengan dengan adukan 1pc : 3 pasir, atau 1pc: 4 pasir, atau paling rendah 1pc:5 pasir. Gunakan pasir pasang yang berkualitas baik (kasar tanahnya <5%).
  6. mengurug lubang galian pada samping kanan dan kiri pondasi dengan tanah dan dipadatkan. Pengurugan tanah dilakukan setelah pasangan pondasi keras dan sudah dirapikan.

Dalam memasang pekerjaan pondasi batu belah tersebut harus dilakukan dengan baik, jangan sampai banyak rongga dalam pasangan. Lubang/rongga pasangan pada sisi kanan dan kiri pasangan pondasi harus ditutup rapat oleh adukan jangan sampai ada celah-celah yang kemungkinan akan dimasuki dan dijadikan sarang rayap. Kalau cukup biaya sebaiknya permukaan batu kanan dan kiri pondasi ditutup adukan.

Itulah sedikit pengenalan tentang pondasi bangunan rumah tinggal yang barangkali ada gunanya serta manfaatnya bagi Anda. Apabila anda belum tahu cara menghitung anggaran biaya membuat pondasi, inilah cara menghitung biaya pekerjaan pondasi.



Updated: 4 September 2014 — 7:46 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme