Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Properti – Berkreasi dengan Furnitur Taman Minimalis

Karya : Tommy B. Utomo

properti tamanKEHADIRAN taman dalam sebuah hunian, mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun Iuas ukurannya, jika taman dapat ditata apik, tentu akan sedap dipandang dan menambah nilai estetika hunian.

Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka di rumah Anda, bukan berarti membuatĀ  taman menjadi hal mustahil. Taman dapat diciptakan dengan memadukan elemen keras dan lunak.

Elemen keras diwakili furnitur taman dan elemen lunak dari tanaman atau p0h0n pengisi. Anda dapat memaelukan sesuai kreatixhtas untuk tampilan lebih sempurna.

Untuk tampilan minimalis, Anda dapat memilih furnitur taman berbentuk simpel, dari bahan yang awet. Misalnya saja bahan semen, batu, kaca, atau plastik.

Furnitur berbahan semen bisa Anda kreasikan sesuai kebutuhan, misalnya pot di halaman depan rumah. Pot semen ini bisa dibuat sesuai jenis, banyaknya tanaman serta proporsi luas lahan. Meskipun berkesan berat, material berbahan semen terbukti lebih awet ketimbang bahan alami, seperti bambu dan kayu.

Selain untuk pot, Anda dapat berkreasi menciptakan bangku, meja taman, dan rumah lampu (kap) taman. Namun, mengingat sifat materi semen yang berat dan susan dipindah, pastikan betul peletakannya sesuai selera Anda.

Untuk penempatan pot berbahan plastik dan kaca, sebaiknya Anda letakkan di teras samping dan belakang, maupun halaman samping. Tujuannya agar tidak terlalu cepat usang terkena terik sinar matahari dan perubahan cuaca.



Untuk menambah elemen sejuk, Anda dapat kembali bermain elemen kaca atau plastik untuk aquarium ikan hias. Aquarium tersebut dapat diletakkan di sudut teras, untuk melunakkan elemen keras dari material perabot teras lainnya. `

Material berbahan semen pun dapat Anda kreasikan dalam bentuk ornamen air terjun buatan dengan konsep minimalis. Bentuk lainnya adalah bejana air, patung air mancur, maupun kolam ikan. Untuk pembuatan kolam ikan, jangan lupa melengkapinya dengan sirkulasi air dari pemasangan pipa di dasar kolam dan filter fabrik untuk menyaring kotoran.

Sementara itu, dalam memilih tanaman yang tepat, sebaiknya pilih jenis tanaman yang mudah perawatannya. Apalagi bila Anda memiliki rutinitas padat setiap harinya.

Pilihlah tanaman yang dapat tahan dalamĀ  kondisi kering, seperti lidah buaya dan adenium. Sebagai pilihan lain tanaman pembatas, Anda dapat memilih tanaman teh-tehan atau iris kuning. Sedangkan penggunaan rumput bisa memakai jenis rumput gajah mini. Selamat berkreasi. [kompas, 30 juli 2011)

Updated: 31 Juli 2011 — 4:36 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme