Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Rumah Adat Populer di Indonesia

Indonesia sangat kaya akan budaya. Rumah adat merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia. Jumlah dan jenis rumah adat di Indonesia sangat banyak sesuai dengan wilayah, lokasi dan suku bangsa.

Rumah adat di Indonesia banyak sekali jumlahnya dan populer karena karakter dan keunikannya masing-masing. Berikut ini saya menyampaikan beberapa diantara rumah adat yang populer di Indonesia.

 

Rumah Tongkonan

Rumah Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Bentuk konstruksi atapnya berbentuk lengkungan seperti bentuk perahu.Tutup atap aslinya dibuat dari bambu, sekarang banyak menggunakan seng.

rumah adat tongkonan

 

Rumah Kasepuhan

Rumah Kasepuhan adalah rumah adat Banten Kidul (Jawa Barat). Rumah Kasepuhan sebagai simbol adat istiadat lama dalam kehidupan sehari-hari yang sampai sekarang masih dipertahankan.

rumah adat kasepuhan

 

Rumah Joglo

umah Joglo merupakan rumah adat di lingkungan masyarakat Jawa. Rumah adat ini banyak diaplikasikan pada bangunan gedung kantor pemerintahan.

rumah-adat joglo

 

Rumah Kebaya

Rumah kebaya adalah  rumah adat yang terkenal suku Betawi.Ciri khas dari rumah kebaya,  mempunyai teras yang lapang yang berfungsi untuk menerima tamu dan sebagai tempat rilek keluarga.

rumah adat kebaya

 



Rumah Gadang

Rumah Gadang adalah rumah adat masyarakat Minangkabau. Rumah adai ini banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat. Rumah gadang, juga banyak dijumpai di Malaysia. Bentuk atapnya yang runcing merupakan keunikan rumah adat ini. Asli atap rumah adat gadang adalah dibuat dari ijuk, tetapi saat ini banyak menggunakan atap seng.

rumah adat gadang

 

Itulah beberapa rumah adat di indonesia yang populer karena keunikan arsitekturnya. Masih banyak lagi rumah adat lainnya yang populer seperti rumah adat masyarakat Bali, dll. Keunikan-keunikan arsitektur yang dimiliki setiap rumah adat dapat menjadi inspirasi bagai para desainer untuk mengaplikasikannya pada desain rumah modern atau rumah masa kini. Apabila hal tersebut dilakukan, berarti para desainer turut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Sumber : id.wikipedia.org

Updated: 3 Agustus 2014 — 9:37 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme