Rumah KPR Type 21/60 – Rumah Sangat Sederhana (RSS) | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Arsitektur » Rumah KPR Type 21/60 – Rumah Sangat Sederhana (RSS)

Rumah KPR Type 21/60 – Rumah Sangat Sederhana (RSS)

August 12th, 2011 0 Comments

Rumah KPR -RSS type 21/60 kondisinya belum siap huni, sebab dengan luas bangunan 21 m2 yang dibangun di atas lahan sempit seluas 60 m2 (6 m x 10 m) bisa dibayangkan seperti apa kondisinya. Rumah KPR – RSS type 21/60 merupakan type yang paling banyak disediakan oleh pengembang properti di seluruh perkotaan di Indonesia.  Agar rumah dan lahan yang kondisinya  demikian dapat ditempati penghuninya dengan nyaman, maka perlu dilakukan renovasi dan penambahan luas bangunan. Untuk mendapat luas bangunan yang layak di atas lahan 60 m2 perlu menjadikan bangunan menjadi 2 lantai.

Untuk menata ruang dan mendesain rumah RSS yang memenuhi persyaratan tidaklah mudah, sebab sangat sulit mendapatkan ruangan yang memiliki pencahayaan dari luar, sebab bagian kanan, kiri dan belakang sudah dibatasi tembok rumah orang.

Kebanyakan pemilik rumah KPR merenovasi rumahnya sudah tidak memikirkan pencahayaan mengingat kondisi tersebut, kebanyakan mereka mempercayakan penuh kepada seorang tukang yang tidak mengerti desain tata ruang bangunan rumah yang memenuhi syarat kesehatan.

Rumah KPR – RSS type 21/60 kalau akan dibuat rumah sehat, minimalis jalan satu-satunya dikembangkan ke atas menjadi type 100/60 ( luas bangunan=100m2).

Dalam 1 (satu) blok perumahan KPR – RSS Type 21/60, pemilik rumah yang mendapatkan rumah Hook lahannya lebih lebar (ada kelebihan tanah sekitar 20 m2). Biasanya bagian Hook menjadi rebutan dan sulit mendapatkannya sebab dalam 1 blok hanya ada 4 rumah hook. Pembeli yang cukup mampu, jika tidak kebagian Hook biasanya membeli  2 unit  sehingga luas lahannya menjadi 2 x 60 m2.

Jadi dengan melihat luasan di atas terdapat 3 type luas lahan, yaitu  60 M2 (asli), 80 M2 (Hook), 120 M2 (2 unit). Bagi  pemilik rumah yang menginginkan renovasi rumah yang memenuhi persyaratan rumah sehat, mungil dan minimalis.. maka anda bisa minta bantuan konsultan perencana konstruksi untuk mendesain rumah anda. Biaya desain lengkap + RAB + Gambar teknis biaya perencanaannya sekitar 3% x nilai total anggaran yang dibutuhkan. Seandainya anggaran bangunan 200 juta rupiah, maka biaya perencanaannya sekitar 6 juta rupiah.

 

 



Gimana posting saya..Teman SUKA?


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

Comments are closed.

Desain Rumah Sederhana Search form
Rumah Dijual – Ciomas Bogor
tampak-depan

Alat Membuat RAB Rumah

Google PageRank Checker