Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Rumah yang Nyaman Dihuni

Rumah yang nyaman dihuni adalah rumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Rumah yang nyaman dihuni tidak selalu harus rumah mewah atau rumah elit, tapi walaupun sebuah rumah sederhana dapat diciptakan sebagai rumah yang nyaman dihuni oleh sebuah keluarga dengan cara merencanakan desain penataan ruangan sesuai persyaratan dan ketentuan sebuah rumah ideal dan sehat.



 

rumah yang nyaman dihuni
Sebuah rumah yang dapat memberikan kenyamanan memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Apabilah di musim kemarau yang panas, kondisi di dalam rumah tetap dingin dan sejuk walaupun tanpa pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin;
  2. Pada musim hujan rumah tidak terjadi kebocoran atap maupun dinding;
  3. Pada siang hari semua ruangan terang walaupun tanpa penerangan listrik;
  4. Tidak tercium asap dapur pada ruangan selain dapur.
  5. Ruangan terksesan luas walaupun rumah berukuran kecil
  6. Memiliki penampilan yang menarik pada bagian luar maupun dalam.

Agar rumah dapat memenuhi keenam kriteria tersebut maka sebelum membangun rumah harus dirancang dengan cermat dan matang, sebab tanpa perencanaan yang baik dan benar maka akan sangat sulit untuk dapat membuat rumah yang memiliki keenam persyaratan tersebut. Untuk mendapatkan sebuah perencanaan rumah yang memiliki persyaratan tersebut maka desain rumah harus dirancang sebagai berikut:

  1. Tinggi plafond dibuat minimum 325 cm
  2. Setiap ruangan dilengkapi daun jendela kaca dengan ukuran yang cukup besar, dan setiap ruangan memiliki jendela yang menghadap ke luar atau ruang terbuka hijau.
  3. Desain atap yang baik mulai dari rangka atap, kemiringan atap minimum 30 derajat, memilih utup atap yang tidak menyerap panas;
  4. Apabila rumah berukuran kecil, sebaiknya untuk ruangan-ruangan bersama hindari pembuatan dinding tembok penyekat;
  5. Desain dapur tertutup agar udara dapur tidak mencemari ruangan lain. Agar ruangan terkesan luas, maka dinding penyekat dapur bisa menggunakan kaca yang lebar.
  6. Agar rumah memiliki tampilan dalam yang menarik adalah dengan cara merancang penempatan tata ruang yang sesuai dengan alur aktivitas penghuni (tidak tumpang tindih). Contoh: sebaiknya tidak menempatkan kamar mandi/wc yang terlihat dari ruang tamu.
  7. Agar bagian luar tampak menarik, diantaranya adalah merancang bentuk atap yang menarik, memilih warna cat yang serasi antara warna tembok dan warna kusen, pintu/jendela, atau menambahkan ornamen tertentu pada bagian tertentu seperti melpis tiang kolom beto dengan batu alam.

Itulah diantaranya kriteria umum untuk sebuah rumah yang nyaman bagi penghuni, dan tentu saja masih ada kriteria lainnya..tapi dengan yang telah telah disebutkan di atas saya kira sudah cukup memadai untuk sebuah rumah hunian yang nyaman.

Updated: 11 Januari 2015 — 7:33 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme