Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Sekilas Tentang RAB Rumah

tentang rab rumahRAB rumah akan sangat diperlukan ketika seseorang akan merencanakan membangun sebuah rumah yang sejak lama telah diidam-damkannya. Rencana Anggaran Biaya (RAB) membangun rumah bukan hanya sekedar angka bulat hasil hitungan perkiraan luasan (m2) dikalikan harga bangunan per m2, tapi lebih dari itu RAB rumah adalah  rincian dan total harga satuan pekerjaan bangunan.

Format RAB rumah sama dengan format RAB bangunan pada umumnya, berbentuk tabel terdiri beberapa kolom : jenis/nama pekerjaan, volume pekerjaan, harga satuan pekerjaan, dan jumlah. Namun Rab rumah ruang lingkup pekerjaannya lebih kecil dan tidak begitu rumit seperti RAB pada bangunan gedung/kantor.

Jenis/Nama Pekerjaan:

Jenis atau nama pekerjaan meliputi pekerjaan dan sub pekerjaan, misalnya pekerjaan pondasi (sub pekerjaan : galian tanah, pasangan batu kosong, pasangan pondasi batu kali, urugan tanah), dst. Lihat di halaman ini : Mengenal Nama dan Jenis pekerjaan.

 Volume Pekerjaan :

Diisi dengan data volume setiap pekerjaan yang meliputi sub pekerjaan seperti di atas. Untuk menghitung volume setiap pekerjaan mulai dari pekerjaan pondasi sampai pekerjaan finishing harus berdasarkan gambar rencana. Gambar rencana bisa dibuat menyuruh seorang ahli, atau kita bisa membuat sendiri secara sederhana yang penting ada ukuran yang benar.

Harga Satuan :

diisi dengan harga satuan setiap pekerjaan yang meliputi sub pekerjaan seperti di atas. Untuk menentukan harga satuan pekerjaan harus menggunakan analisa harga satuan baku (AHS-SNI).



Jumlah Harga :

Jumlah harga kolom terakhit adalah hasil perkalian volume dan harga satuan.

Total Harga :

Total harga ada pada baris akhir tabel di bagian bawah, merupakan total jumlah nilai harga setiap jenis pekerjaan.

 

Itulah sekilas tentang RAB rumah, dan untuk melihat contoh format RAB rumah silahkan Anda lihat di halaman ini (website) saya yang lain.

Updated: 12 Agustus 2014 — 8:47 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme