Menghitung Biaya Bangun Rumah dengan Software RAB | Desain Rumah Sederhana

Homepage » rab » Menghitung Biaya Bangun Rumah dengan Software RAB

Menghitung Biaya Bangun Rumah dengan Software RAB

November 16th, 2012 0 Comments

Menghitung Biaya RumahKebiasaan kebanyakan orang, ketika mempunyai niat untuk membangun atau merenovasi rumah tanpa perencanaan yang matang. Hal ini banyak dilakukan oleh orang-orang di pedesaan maupun di perkotaan. Kebiasaan ini berawal dari bagaimana nanti, dengan prinsip “kalau sudah ada niat katanya rejeki suka ada saja”.  Pendapat itu mungkin bisa YA dan bisa juga TIDAK, tetapi sebaiknya ada perencanaan yang matang  dan riil sebelum memutuskan untuk melaksanakan pekerjaan membangun atau merenovasi rumah.

Salah satu perencanaan yang sederhana adalah memperkirakan kebutuhan biaya yang diperlukan untuk membangun atau merenovasi rumah yang sudah menjadi tujuan. Memperkirakan kebutuhan biaya yang paling sederhana adalah dengan memprediksi biaya membangun/renovasi per meter persegi sesuai kualitas bangunan yang kita inginkan. Misalkan kita akan membangun sebuah rumah sederhana dengan luas 100 m2, kemudian setelah mencari informasi baik dari teman kerja atau tetangga yang baru membangun rumah ternyata biaya per m2-nya adalah 1,5 juta rupiah. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kita bisa memprediksi kebutuhan biaya untuk membangun rumah 100 m2 membutuhkan biaya 150 juta rupiah. Apabila sejumlah dana yang diperlukan tersebut sudah tersedia, maka artinya Anda sudah bisa memutuskan untuk mualai membangun rumah.

Cara di atas sudah lumayan, dari pada sama sekali tidak ada perencanaan. Tetapi perencanaan cara ter sebut bisa saja meleset jauh dari perkiraan, yang disebabkan dalam pelaksanaanya Anda tidak berdasarkan gambar, hanya berdasarkan kebiasaan tukang bangunan yang Anda beri kepercayaan untuk mengerjakannya.

Cara perencanaan yang baik dan benar, membangun harus berdasarkan gambar yang lengkap dengan ukuran serta kualifikasi bahan-bahan material yang akan digunakan. Kemudian dihitung secara cermat berdasarkan gambar tersebut. Cara menghitungnya bisa meminta bantuan dari orang-orang yang memiliki ilmu dibidangnya.

Apabila Anda seorang yang memiliki basic pengetahuan bangunan/rsitektur, maka Anda pasti mengerjakan perencanaan dengan tangan Anda sendiri. Tapi ada cara lain yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki basic ilmu bangunan untuk menghitung sendiri biaya bangun rumah, yaitu sengan bantuan alat yang disebut Software RAB. Tapi untuk dapat menggunakan Software RAB ada persyaratannya yaitu harus dapat menoperasikan MS-Excel dan dapat menghitung luas dan volume suatu bidang atau benda, seperti luas persegi panjang, volume kubus, volume limas, dsb. Itu diperlukan untuk menghitung volume pondasi, luas lantai, luas plapond dsb. Dengan mengetahui cara menghitung volume dan luas, maka Anda akan dapat menggunakan Software RAb dengan mudah.

Info selengkapnya Software RAB bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs www.softwarerab.comSoftware RAB tersebut adalah alat bantu RAB,  saya buat berdasarkan Analisa Harga Satuan SNI.  Software RAB siap digunakan, kerjanya otomatis menghasilkan RAB dan listing kebutuhan bahan bangunan rumah yang diperlukan. Pengguna hanya mengerjakan edit harga satuan bahan dan upah berdasarkan harga setempat, dan menginput volume pekerjaan sesuai gambar rumah masing-masing.

rab


semoga teman suka..


Daftarkan Email

Untuk berlangganan update artikel Blog ini via Email, Silahkan Masukan Email Anda:

Jangan lupa konfirmasikan email Anda

Leave a Reply to this Post

*
Desain Rumah Sederhana Search form
Google+ Follower

Alat Membuat RAB Rumah

Facebook Follower
StatBlog