Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Software Untuk Menggambar Rumah

Menggambar rumah yang saya maksudkan disini adalah gambar teknis yang diperlukan untuk perencanaan dan pelaksanaan (sama saja). Yang dimaksud gambar teknis adalah gambar-gambar bangunan secara umum termasuk gambar rumah, dimana gambar-gambar tersebut berguna sebagai pedoman dalam proses perencanaan maupun pelaksanaan.

 

software menggambar auto cadSoftware Gambar: AutoCad

Proses perencanaan lebih ditekankan kepada perencanaan konstruksi, layout, anggaran biaya, sehingga secara keseluruhan telah menggambarkan suatu wujud bangunan yang diinginkan, sehingga dalam realisasinya minimal dapat mendekati apa yang direncanakan, baik kualitas, kuantitas, termasuk jumlah biayanya.

Proses pelaksanaan adalah pelaksanaan fisik berupa pembangunan. Selama proses pelaksanaan pembangunan, kontraktor pelaksana pekerjaan pembangunan dalam melakukan kegiataannya berpedoman kepada gambar teknis tersebut, sehingga penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaan dapat diminimalisir.

Software Gambar sketch Up Software Gambar : Google SketchUp

Yang pekerjaannya membuat gambar teknis, biasa dilakukan oleh konsultan perencana baik perseorangan atau badan hukum seperti PT, CV, Firma, Koperasi, dll. Software untuk menggambar bangunan termasuk bangunan rumah ada 2 jenis software yang digunakan yaitu Software Gambar 2 Dimensi (2D) dan software menggambar 3 Dimensi (3D).

Software untuk menggambar bangunan 2D yang paling banyak dan populer digunakan adalah Program Auto Cad, sedangkan untuk gambar 3D banyak sekali macamnya, tetapi pada saat ini lebih banyak yang menggunakan Google SketchUp. Ada 2 versi Google SketchUp, yaitu versi Gratis dan versi berbayar. Yang versi berbayar lebih lengkap biasa digunakan oleh Profesional, seperti konsultan perencana, sedangka yang versi gratis semua orang bisa menggunakannya.. dan hasilnyapun lumayan bagus. Saya sendiri menggunakan yang versi gratis.



Gambar Teknis (2D) terdiri dari gambar-gambar sebagai berikut:

  1. Gambar Denah
  2. Gambar Potongan (memanjang-melintang)
  3. Gambar Tampak (Depan, Belakang, Samping Kanan/Kiri)
  4. Gambar Rencana Atap
  5. Gambar Detail : Pondasi, Kusen/Pintu/Jendela, Persambungan, Instalasi, Dll.

Gambar 3 Dimensi, hanya sebagai gambar pendukung, tidak termasuk gambar teknis.

Jadi, sepengetahuan saya software untuk menggambar rumah yang peling populer dan paling banyak digunakan adalah AutoCad dan Google SketchUp. Untuk mendapatkan software di atas dapat dengan mudah kita mengunduhnya di internet.  Cari saja di Google Search.

Setelah gambar desain rumah Anda selesai, maka Anda perlu menghitung Rencana Kebutuhan Angaran Biaya (RAB) untuk membangun, maka Anda dapat dengan mudah mengitung sendiri dengan menggunakan Software Alat Membuat RAB Rumah dan bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau di www.softwarerab.com.

Updated: 20 Agustus 2014 — 11:49 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme