Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips dan Cara Membangun Rumah Agar Biaya Lebih Murah

membangun rumah biaya murahSalah satu penyebab tingginya harga rumah saat ini diantaranya disebabkan oleh tingginya harga bahan material, biaya pelaksanaan pembangunan, dan harga tanah. Harga tanah per meter persegi di wilayah kota besar seperti Jakarta bisa melebihi biaya bangunan per meter persegi. Oleh karena itu harga rumah yang ditawarkan para developer mulai dari rumah sederhana sampai rumah elit harganya sangat tinggi. Sebagai contoh untuk harga rumah sederhana di wilayah Jabodetabek dengan luasan tanah 60 m2 dan luas bangunan kurang dari 36 – 54 m2 berkisar antara Rp. 135 juta s/d Rp. 400 juta.  Untuk dapat memiliki sebuah rumah, bagaimana cara membangun rumah agar biaya lebih murah? Simak dan silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Untuk memiliki sebuah rumah dengan harga yang lebih murah, sebaiknya kita membangun sendiri pada lokasi di wilayah pinggiran kota, dengan pertimbangan sebagai berikut:



  1. Cari tanah kavling yang pemiliknya perorangan, biasanya harganya relatif lebih murah.
  2. Gunakan bahan-bahan material sederhana untuk membangun rumah.
  3. Buatkan gambar desain perencanaan dan RAB sebagai dasar pelaksanaan membangun.
  4. Untuk pelaksanaan membangun rumah gunakan sistem kerja harian dengan menugaskan pengawas lapang yang berpengalaman.

Harga tanah yang lebih murah sangat berpengaruh terhadap harga rumah secara keseluruhan, oleh karena itu carilah tanah kavling atau tanah milik penduduk di pinggian kota yang tidak terlalu jauh dengan tempat Anda beraktivitas.

Pemilihan bahan-bahan material sederhana untuk digunakan dalam pembangunan rumah Anda akan sangat menentukan biaaya keseluruhan pembangunan rumah. Misalnya penggunaan bahan dinding dengan menggunakan batako putih (batako tras) akan jauh lebih murah dibandingkan dengan bata merah. Kekuatan rumah bukan pada dinding batako atau bata merah, tetapi berada pada kekuatan struktur, yaitu pondasi, sloof, kolom , dan ring balok. jadi penggunaan batako putih tidak masalah, yang terpenting kualitas struktur harus diutamakan dengan penggunaan ukuran besi beton yang cukup, campuran adukan beton yang benar dengan bahan material yang berkualitas. Dengan menggunakan batako putih sangat jauh perbedaan biayanya dengan bata merah. Kemudian bahan-bahan material lainnya seperti keramik, tutup atap banyak pilihan yang harganya murah.

Gambar perencanaan dan RAB perlu dibuat, agar dalam pelaksanaan pembangunan rumah punya acuan yang akurat dan penggunaan biaya akan terkontrol dan terkendali.

Dalam pelaksanaan pembangunan, gunakan sistem kerja harian dengan merekrut tenaga kerja bangunan yang berpengalaman dengan seorang pengawas/pelaksana lapang yang kita tugaskan untuk memenej dan mengkoordinir proses pelaksanaan pembangunan rumah agar sesuai dengan gambar rencana, dan pengeluaran biaya sesuai dengan RAB, serta waktu pelaksanaan sesuai dengan target yang dutentukan.

Dengan cara-cara tersebut di atas kalau dapat dilaksanakan dengan baik, maka biaya pembangunan rumah akan lebih murah dengan tidak mengurangi kualitas utama seperti kekuatan struktur bangunan.

Updated: 23 September 2014 — 8:32 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme