Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Membangun Rumah 1 Lantai Biaya Ekonomis

Membangun Rumah 1 Lantai – Pada posting kali ini saya ingin mencoba untuk berbagi tips dan cara membangun rumah 1 lantai biaya ekonomis. Yang dimaksud biaya ekonomis disini walaupun boleh dikatakan lebih murah dari standard, tapi bukan berarti sangat murah dalam sudut pandang kasat mata, namun lebih melihat pada jangka panjang dimana dapat menghemat biaya pemeliharaan.

rumah 1 lantai atap metal rangka baja ringan

Membangun rumah 1 lantai tentunya lebih murah daripada membangun rumah 2 lantai walaupun luas lantainya sama. Misalnya rumah 1 lantai dengan luas 100 m2 akan lebih murah biayanya daripada rumah 2 lantai yang luasnya sama yaitu 100 m2. Perbedaannya cukup besar. Mengapa demikian? Yang menyebabkan perbedaannya cukup besar adalah pada rumah 2 lantai konstruksi strukturnya harus lebih kuat, kemudian ada plat lantai beton yang biayanya cukup besar, ditambah biaya upah mengerjakannya lebih mahal, serta memerlukan alat-alat bantu.

Selanjutnya membangun rumah 1 lantai dengan bahan material yang berbeda juga akan berpengaruh terhadap total biaya yang diperlukan. Misalnya membangun rumah dengan konstruksi atap kayu kelas 1 dengan tutup atap genting beton atau genting keramik serta rangka plapondĀ  kayu, maka konstruksi strukturnya harus lebih kuat daripada membangun rumah 1 lantai dengan rangka atap baja ringan dan tutup atap genting metal serta rangka plapond hollow. Yang dimaksud konstruksi struktur adalah : pondasi, beton sloof, beton kolom dan balok beton di atas tembok.



Dari uraian di atas, maka membangun rumah 1 lantai yang biayanya ekonomis adalah rumah 1 lantai menggunakan rangka atap baja ringan, tutup genting metal berlapis pasir, rangka plapond hollow, serta bahan dinding hebel. Dengan menggunakan bahan-bahan material seperti yang saya sebutkan tersebut..maka kita dapat menghemat biaya struktur dimana ukuran besi beton bisa lebih kecil, ukuran sloof dll. juga bisa lebih kecil sehingga volume beton menjadi keci. Maka dengan begitu total biaya keseluruhan akan lebih hemat dibandingkan dengan konstruksi kayu kelas 1.

Dari sisi kekuatan atap metal dan rangka atap baja ringan bisa lebih dari 20 tahun yang tidak kalah dengan rangka atap menggunakan kayu kelas 1. Kekuatan genting metal juga bisa di atas 20 tahun dan bebas bocor. Jadi dalam hal ini biaya pemeliharannyapun menjadi ringan.

Bagaimana tingkat kenyamanan tutup atap genting metal konon khabarnya panas? Itu semua tergantung dari ketinggian dinding, ukuran dan model ventilasi. Ukuran tinggi dinding sebaiknya minimum 320 cm dari lantai ke plapond. Ventilasi di setiap bagian atas pintu dan jendela sebaiknya menggunakan model klasik (jelusi lebar min. 30 cm), jangan menggunakan model ventilasi minimalis.

Agar konstruksi dinding memiliki kualitas yang baik, gunakan hebel KW1. Kusen yang tahan hama dan berumur panjang, daripada menggunakan kayu abal-abal lebih baik menggunakan kusen aluminium atau kusen fiber.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini yaitu tips membangun rumah 1 lantai biaya ekonomis.

Updated: 26 Agustus 2015 — 10:04 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme