Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Membangun Ulang Rumah KPR Tanah 60 M2

Membangun Ulang Rumah KPR – Kebanyakan orang ketika membangun ulang rumah KPR tanah 60 M2 lebih mementingkan kebutuhan ruangan ketimbang mengutamakan faktor kesehatan, yaitu ventilasi dan pencahayaan. Yang biasa menjadi faktor utama adalah kebutuhan akan kamar tidur, sehingga memaksakan agar rumah memiliki 2 buah kamar tidur. Hal tersebut, bisa dimaklumi barangkali tidak tahu cara menata ruang yang sehat.



Dalam setiap merencanakan membangun rumah,  pencahayaan dan ventilasi merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan sehat tidaknya sebuah rumah. Sebenarnya ukuran lahan atau tanah yang berukutan 60 m2 (6 x 10 m) idealnya hanya bisa direncanakan untuk rumah dengan 1 buah kamar tidur, ruang keluarga/tamu, dapur, dan 1 kamar mandi/toilet. Kalau seandainya dipaksakan untuk dijadikan 2 kamar tidur, maka rumah tersebut tidak akan memiliki ventilasi dan pencahayaan di bagian belakang rumah.

Apabila tanah ukuran 6 x 10 akan dihabiskan untuk bangunan, polanya bisa Anda lihat pada denah rumah seperti pada gambar-gambar berikut:

denah rumah 01Denah 1

Pada gambar denah 1, rumah hanya memiliki satu kamar tidur, tetapi memiliki ruang terbuka di bagian belakang untuk pencahayaan dan ventilasi, dan dapat direncanakan memiliki ruangan tertutup sebagai tempat menyimpan kendaraan roda 4, sehingga bagi penghuni yang memiliki kendaraan roda 4 dapat terpenuhi.

denah rumah 60 m2Contoh Denah 2

Pada gambar denah 2, rumah memiliki 2 kamar tidur ukuran 3 x 3 m dan ukuran 2 x 3 m (kamar tidur anak), tetapi tidak memiliki garasi mobil. Contoh denah tersebut cocok untuk keluarga yang tidak atau belum memiliki kendaraan roda 4.

Kedua contoh gambar denah rumah di atas memiliki ventilasi dan pencahayaan yang cukup pada rumah bagian belakang, sehingga memenuhi syarat sebagai rumah sehat.

Untuk membangun rumah pada lahan 60 m2 atau 6 x 10 meter agar memiliki lebih dari 2 kamar tidur dan lebih dari 2 kamar mandi/toilet, mau tidak mau harus mengembangkannya ke atas (rumah 2 lantai) agar rumah kita tetap memiliki sistem pencahayaan dan ventilasi udara yang baik.

Mungkin itu saja tips membangun ulang rumah KPR lahan 60 meter persegi (6 x 10 M) yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat!

Updated: 5 Desember 2014 — 7:53 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme