Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Memilih Pipa PVC untuk Instalasi Air di Rumah

Memilih Pipa PVC untuk Instalasi air pada sebuah bangunan termasuk bangunan rumah tinggal merupakan bagian yang sangat vital. Oleh karena itu ketika kita membangun rumah harus benar-benar memperhatikan yang satu ini, terutama dalam memilih pipa PVC yang akan digunakan. Kenapa demikian? Ya, untuk itu saya akan mencoba menjelaskannya mudah-mudahan apa yang akan saya sampaikan ada manfaatnya untuk Anda.



memilih pipa pvc untuk instalasi air

Perlu diketahui bahwa instalasi air pada bangunan rumah tinggal ada dua jenis, yaitu instalasi air bersih dan instalasi air limbah (air kotor). Dalam pemasangannya ada yang terlihat dan ada yang tidak terlihat atau terkubur tembok atau tanah.

Permasalahan yang  kerap kali terjadi pada instalasi air adalah masalah bocoran pada saluran instalasi air pada pipa yang terkubur di dalam tembok atau di bawah lantai. Jika terjadi hal seperti itu, maka mau tidak mau kita harus memperbaikinya dengan membongkar tembok atau lantai. Anda dapat membayangkannya jika lantai yang akan kita bongkar adalah lantai batu granit, atau granit buatan, atai keramik, selain harganya mahal, juga akan sangat sulit mendapatkan corak yang sama untuk mengganti tutup lantai akibat bongkaran.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, seyogianya ketika kita akan membangun rumah jangan ragu-ragu atau merasa sayang untuk menggunakan pipa PVC AW yang berkualitas dengan ukuran diameter yang sesuai, atau jangan menghemat dengan cara mengurangi diameter pipa yang seharusnya.

Banyak macam dan ragam pipa PVC yang dijual di toko bahan bangunan mulai yang tipis hingga tebal, yang kualitas rendah hingga tinggi, yang tentunya semakin berkualitas dan tebal maka harganya akan semakin mahal, apalagi untuk pipa PVC yang memiliki diameter di atas 3 inchi.

Pipa PVC -AW berkualitas sangat disarankan untuk dipasang sebagai instalasi air yang tekubur oleh tanah dan tembok/beton, meliputi instalasi air bersih (PAM), saluran air hujan dari atap plat beton yang biasa dipasang di dalam tiang kolom beton, saluran septick tank, dan drainase.

Itulah penjelasan singkat mengenai tips memilih pipa PVC untuk pemasangan instalasi air pada bangunan rumah tinggal yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat!

Updated: 14 Januari 2015 — 8:07 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme