Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Memiliki Rumah Sederhana Harga Murah

membangun rumah di kampungRumah sederhana harga murah merupakan rumah yang disediakan oleh developer dan paling laris terjual karena harganya terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Apabila Anda beraktivitas di kota dan ingin memiliki rumah sederhana harga murah di dalam kota tentunya tidak mudah untuk mendapatkannya. Sebagai contoh, rumah type 36 dengan luas tanah 60 M2 di wilayah kota harga cash di developer di atas 130 jutaan rupiah. Apabila memiliki dana cukup untuk membeli cara kontan berarti bsa memiliki rumah sederhana di lingkungan perumahan.  Tapi kalau tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli kontan, cara lainnya dengan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun, tidak setiap orang dapat mengajukan KPR, sebab harus memiliki persyaratan tertentu, diantaranya memiliki pekerjaan tetap dan dan gaji yang memenuhi persyaratan.

Apabila Anda tidak bisa dengan kedua cara di atas, maka cara untuk memiliki sebuah rumah sederhana dengan harga murah yaitu membangun baru rumah di perkampungan pinggiran kota yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja/aktivitas dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dalam waktu kurang 1 jam.

Langkah-langkah yang harus untuk dapat membangun rumah murah sederhana di pinggiran kota, yaitu survey lokasi, membeli tanah, membuat gambar dan RAB rumah, persiapan membangun rumah, dan pelaksanaan membangun rumah.

Survey Lokasi

Survey lokasi, ini sangat penting, maksudnya mencari lokasi yang cocok dan sesuai dengan yang Anda sukai, jarak ke kota, lingkungan masyarakatnya, faktor keamanan, faktor air bersih, jaringan listrik, sinyal ponsell, tidak rawan banjir atau rawan tanah longsor, dan sebagainya. Untuk mencari lokasi yang cocok bisa minta bantuan teman atau ketua RT setempat.

Merencanakan membeli tanah

Apabila kebetulan ada yang akan menjual sebidang tanah di lokasi yang sudah Anda survey, maka bisa Anda teliti terlebih dulu legalitas tanahnya, ukuran tanahnya apakah sesuai dengan keinginan dan dana yang tersedia, kemudian periksa surat-surat tanah (SPPT-PBB, girik). Surat-surat kepemilikan tanah, biasanya di kampung jarang yang sertifikat tapi tidak masalah sebab sudah umumnya begitu, yang terpenting tanah yang akan dibeli tersebut tidak dalam sengketa keluarga. Hal tersebut bisa meminta informasi yang lebih jelas dari ketua RT setempat. Apabila tidak masalah dan diil akan membeli tanah, maka selanjutnya jalinlah silaturahmi dengan Ketua RT setempat, calon tetangga dan masyarakat sekelilingnya. Biasanya di masyarakat kampung lebih mudah dikenal dari pada masyarakat di kota.



Membuat gambar dan RAB rumah

Membuat gambar rumah yang saya maksudkan bukan membuat gambar perencanaan ke arsitek, maksud saya buatlah seketsa sederhana denah rumah dengan menggunakan pinsil dan penggaris sesuai dengan ukuran tanah yang dibeli, misalnya 2 kamar tidur, ruang tamu+keluarga jadi 1, 1 kamar mandi/WC, dan dapur. Untuk desain rumah di kampung usahakan jangan seperti di perumahan yang tertutup kanan kiri bangunan (tidak ada hubungan dengan tetangga), buatlah semua kamar memiliki jendela ke luar, jangan membuat pagar rumah yang dapat memberikan kesan tidak ramah. Posisi rumah usahakan di bagian  depan, samping dan belakang ada tanah kosong, oleh karena itu ketika membeli lahan sebaiknya minimum 200 m2, sebab harga tanah di kampung relatif murah.

Buatlah model yang rumah sederhana sesuai dengan lingkungan masyarakat setempat, dan memang tujuan semula juga ingin membangun rumah murah sederhana. Hitung kebutuhan biaya (RAB) dengan sistem M2, untuk itu Anda bisa bertanya kepada tukang bangunan setempat yang dianggap ahli, jangan sampai dana yang tersedia kurang. Membangun rumah di kampung biasanya sudah umum menggunakan bahan material yang murah, seperti rangka atap (kaso dan reng) dengan bambu tali, tutup atap dengan genting plentong Jatiwangi natural. Pokoknya membangun rumah di kampung bisa sangat murah. Dengan menyesuaikan bangunan rumah dengan rumah penduduk setempat, maka kita akan bisa hidup nyaman bersama mereka. Sebab jika kita di kampung lebih menonjol dari penduduk setempat, biasanya akan mengundang hal-hal yang akan mengganggu ketentraman kita tinggal di wilayah tersebut.

Persiapan Membangun

Untuk persiapan membangun, Anda harus merencanakan pengadaan bahan material dan tenaga kerja bangunan yang akan dipekerjakan. Untuk merekrut tenaga kerja bangunan, sebaiknya Anda merekrut dan mempekerjakan tukang bangunan di kampung setempat, dan bisa meminta tolong tetangga untuk meminta informasi tenaga bangunan yang baik dan bisa dipercaya.

Pelaksanaan Membangun

Dalam pelaksanaan membangun, sebaiknya dengan cara kerja harian, dan pengadaan barang material sebaiknya Anda lakukan sendiri..jangan mepercayakan kepada orang lain. Sambil melaksanakan pembangunan rumah, sebaiknya Anda mendaftar jaringan listrik PLN. Apabila sumber air bersih menggunakan sumur, maka sebelum memulai membangun buatlah sumur terlebih dulu untuk keperluan tukang bangunan (membuat adukan, masak air, dll.), sebelum menggunakan pompa air, gunakan dulu timbaan.

Kira-kira seperti itulah cara memiliki sebuah rumah sederhana dengan harga murah, yaitu dengan membangun rumah baru di wilayah perkampungan/pinggiran kota tempat bekerja/beraktivitas.

Updated: 12 November 2014 — 12:01 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme