Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Memiliki Rumah Sesuai Keinginan dan Kemampuan

tips memilik rumah sesuai keinginanSetiap orang yang sudah berkeluarga dan belum memiliki rumah sudah tentu sangat mendambakan untuk dapat segera memiliki rumah sesuai keinginan dan kemampuan. Namun bagi golongan yang berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki sebuah rumah idaman tidaklah mudah, tentunya memerlukan perjuangan dan kerja keras  berupaya mencari tambahan penghasilan diluar penghasilan rutin.



Bagi Anda yang kebetulan sudah memiliki dana yang cukup untuk memiliki sebuah rumah idaman yang sesuai keinginan, baik model desainnya maupun jumlah dan luas ruangan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, namun Anda masih bingung bagaimana cara memiliki sebuah rumah yang sesuai dengan keinginan tersebut, serta biaya lebih murah.

Seandainya Anda masih bingung walaupun sudah memiliki dana cukup, itu sangat dimaklumi.. sebab untuk dapat memiliki sebuah rumah yang sesuai dengan selera, keinginan, kebutuhan, dan sesuai dengan dana yang tersedia bukanlah hal yang mudah. Walaupun banyak penawaran rumah baru atau rumah seken yang akan dijual, tetapi belum tentu sesuai dengan keinginan seperti yang telah diuraikan tersebut di atas.

Rumah-rumah baru yang ditawarkan oleh para pengembang property mulai dari rumah sederhana hingga rumah elit, tapi belum tentu sesuai dengan keinginan dan ketersediaan dana Anda. Misalnya dana Anda cukup, tapi kebutuhan dan luas ruangan tidak cukup, kemudian dari sisi desain rumah kurang menarik selera. Pada sisi lain, rumah dan jumlah/luas ruangan dan lokasi sudah cocok, tapi dana yang tersedia tidak mencukupi, biasanya seperti itulah kira-kira.

Untuk dapat memiliki sebuah rumah yang sesuai keinginan seperti yang diuraikan di atas, tips yang paling jitu adalah dengan cara membangun sendiri. Dengan membangun sendiri berarti merencanakan semuanya sesuai keinginan dan kebutuhan : jumlah dan luas ruangan,  anggaran biaya (RAB),  lokasi, dll. Agar semua itu bisa kita rencanakan dengan matang, maka perlu  melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Mencari tanah kavling yang cocok dan sesuai selera dan keinginan, baik luasan tanah maupun lokasinya;
  2. Merencanakan gambar desain rumah sesuai kebutuhan dan selera;
  3. Menghitung Rencana Anggaran Biaya Membangun atau RAB Rumah, untuk mengetahui kebutuhan biaya membangun di luar harga lahan untuk membangun;
  4. Menunjuk pihak ke 3 untuk melaksanakan pembangunan dan pengawasan proses pelaksanaan.

Dengan tips dan cara tersebut, maka Anda akan memiliki sebuah rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, baik jumlah maupun luasannya sesuai dengan jumlah keluarga Anda, sebab semuanya Anda sendiri yang merencanakan, bukan develover/pengembang. Dengan cara membangun dan mengelola sendiri bangunan rumh Anda, biaya rumah (lahan + bangunan) akan lebih murah bila dibandingkan dengan harga rumah yang ditawarkan developer dan  yang menurut Anda cocok dan sesuai.

Itulah uraian singkat tentang tips untuk memiliki sebuah rumah idaman yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Semoga bermanfaat!

Updated: 21 Oktober 2014 — 6:42 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme