Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Merancang Pengembangan Rumah KPR-BTN Type 21/60

Rumah KPR-BTN Type 21/60 merupakan type yang paling banyak dibangun oleh pengembang dalam rangka pelaksanaan program pemenuhan kebutuhan rumah hunian masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan di seluruh Indonesia.

Rumah type tersebut pada awalnya, pemiliknya kebanyakan masyarakat golongan menengah ke bawah. Tetapi setelah berjalan beberapa tahun sebagian pemilik berubah status ekonominya, sehingga mereka sebagian ada yang pindah dan menjual rumahnya, dan sebagian lagi tetap tinggal tetapi menyulap rumah menjadi rumah bertingkat, bahkan ada juga yang membeli rumah sebelahnya jika kebetulan ada yang menjual.

Sehubungan dengan hal tersebut, mereka membutuhkan tips dan cara bagaimana melakukan pengembangan rumah yang baik agar rumah dengan lahan sempit tetap dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya, sehingga tanpa harus meninggalkan rumah lama dan pindah ke tempat lain yang lebih luas.

Inilah tips dan cara mengembangkan rumah type 21/60 KPR-BTN:



Rumah yang ideal dan nyaman untuk dihuni adalah rumah yang memenuhi kebutuhan penghuni diantaranya : jumlah ruang tidur yang cukup, ada garasi mobil bagi yang memiliki kendaraan roda 4, ada taman atau ruang terbuka yang cukup, ventilasi udara yang baik pada setiap ruangan, pencahayaan yang baik pada setiap ruangan dengan memasang jendela yang cukup lebar dan menghadap ruang terbuka.

Untuk mendapat ventilasi yang cukup dan dapat memasang jendela yang lebar pada setiap ruangan dengan menghadap ke ruang terbuka, syaratnya perbandingan luas bangunan dengan luas lahan minimal luas bangunan 60% x luas lahan.

Apabila tanah kpr-btn hanya 60 m2, maka luas bangunan minimum 60% x 60 m2 = 36 m2. Kalau dibangun rumah 2 lantai maka luas bangunan bisa dikembangkan menjadi maksimum 72 m2.

Dengan luas bangunan 72 m2, maka dapat kita rencanakan spesifikasi ruangan-ruangannya sebagai berikut:

  • ruang tidur utama 3 x 3 m = 9 m2 x 1 ruang = 9 m2
  • ruang tidur anak uk. 3 x 2,5 m = 7,5 m2 x 2 ruang = 15 m2
  • garsai mobil uk 3 x 5 m = 15 m
  • kamar mandi uk 2 x 1.5 m = 3 m2 x 2 ruang = 6 m2
  • ruang tamu + keluarga+ ruang tangga : = 21 m2
  • DapurĀ  2 x 3 m = 6 m2

Total luas = 72 m2 atau lebih sedikit tidak apa. Untuk penempatan ruangan diatur sedemikian rupa pada lantai 1 dan lantai 2. Untuk Serambi atau teras dianggap ruang terbuka.

Itulah tips merancang pengembangan ruangan pada rumah type 21/60 KPR-BTN di lingkungan perumahan di perkotaan.

Updated: 15 Juni 2014 — 9:49 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme