Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Merawat Rumah agar Awet dan Memberikan Kenyamanan

Tips dan Cara Membersihkan dan Merawat RumahSeperti halnya kendaraan, rumah juga memerlukan perawatan secara rutin dan berkala. Sebaik-baiknya desain rumah yang dibangun dengan biaya mahal, jika tidak diperhatikan perawatannya maka tidak akan dapat memberikan kenyamanan yang maksimal terhadap penghuninya. Rumah yang tampak rapi dan bersih baik luar maupun dalam akan memberikan kenyamanan baik bagi penghuni rumah maupun bagi orang lain yang kebetulan berkunjung ke rumah yang bersangkutan. Rumah yang rapi, bersih luar dalam, itulah rumah sehat. Rumah yang seperti itu akan berdampak sangat baik bagi kesehatan para penghuninya.

Budaya rumah sehat harus dilakukan oleh setiap penghuni. Kotoran yang masuk ke dalam rumah diantaranya dibawa oleh penghuni rumah melalui alas kaki yang tidak dibuka.  Coba saja bayangkan, jika budaya tidak membuka alas kaki setiap memasuki rumah, maka berbagai jenis kotoran yang menempel pada alas kaki akan menempel pada seluruh lantai rumah. Sekalipun keluar masuk rumah menggunakan kendaraan, tetapi pada tempat tertentu alas kaki mungin saja menginjak kotoran yang menjijikan.



Pekerjaan membersihkan lantai dengan cara menyapu dan mengepel, itu sudah lajim dan umum dilakukan di setiap rumah. Hanya mungkin caranya yang berbeda baik dari cara membersihkannya atau dari rutinitas waktu pelaksanaanya. Selain lantai masih banyak yang harus dirawat secara rutin seperti kusen pintu dan kusen jendela, daun pintu dan daun jendela termasuk kaca. Kemudian dinding tembok atau dinding yang terbuat dari bahan lain dan langit-langit (plapond). Semuanya itu harus mendapat perawatan rutin.

Kotoran yang melekat pada kaca apabila terlalu lama dibiarkan akan menimbulkan noda yang susah untuk dibersihkan. Debu atau kotoran lain yang terlalu lama menempel pada daun pintu/kusen, dan dinding akan membuat kusam dan dusah dibersihkan. Begitu pula kotoran bekas cipratan sabun/detergen yang menempel pada dididing keramik kamar mandi akan merusak permukaan keramik dan susah untuk dibersihkan. Pokonya semua bagian bangunan rumah kita perlu mendapat perawatan rutin dan berkala.

Periode waktu pelaksanaan perawatan setiap bagian bangunan tentu saja berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Bagian bangunan, periode perawatan, dan alat yang dugunakan bisa Anda lihat pada tabel berikut :

Tabel Perawatan Rumah

Bagian Rumah
Periode Alat/bahan yang digunakan
Lantai (garasi, serambi, ruang dalam) Setiap hari sapu, lap pel, pewangi
Kusen, pintu, jendela, kaca 3 hari sekali lap kain, kanebo, pembersih kaca
Dinding, plapond sebulan sekali vacuum cleaner, kain lap
Kamar mandi/Toilet setiap hari sikat lantai, kain lap, cairan pembersih keramik
Kontrol atap (genting/talang) setiap 3 bulan memanggil tukang

Itulah tips perawatan rumah agar rumah kita rapi, bersih, sehat, serta awet dan tahan lama. Rumah seseorang akan memberikan kesan serta mencerminkan budaya serta gaya hidup penghuninya. Rumah adalah istana bagi penghuninya, oleh karena itu harus dirawat secara rutin dan berkala agar benar-benar menjadi istana bagi penghuninya.

Updated: 6 September 2012 — 10:56 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme