Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Merencanakan Garasi Rumah

Anda sudah punya mobil tapi masih parkir numpang di halaman tetangga atau di pinggir jalan? Atau sebaliknya, berencana membeli mobil? Jika Anda menjawab ‘ya’ berarti Anda perlu membangun garasi mobil demi keamanan mobil dan ketenangan tidur malam Anda. Bahkan, sekalipun tanpa mobil, garasi selalu bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga lain—gudang sementara, menyimpan mesin cuci, atau ruang bermain anak—sekaligus menambah nilai jual rumah. Di kota-kota besar, Anda mungkin juga bisa menyewakannya ke pemilik mobil lain yang tidak punya tempat parkir sendiri.

 

tips merencanakan garasi rumah

“Mosman Council” – garasi mobil

Secara sekilas, garasi tampak sederhana karena hanya berupa sebidang ruang kosong tanpa perlu desain interior yang rumit. Walau demikian, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam merencanakan pembangunan garasi, sebagai berikut:

1. Tentukan peruntukan garasi

Dengan asumsi bahwa garasi yang akan Anda bangun memang untuk menyimpan mobil, maka Anda tidak perlu berpikir rumit tentang desain interiornya. Semakin sederhana semakin mudah ditangani dan tidak menambah beban tugas rumah tangga ketika membersihkannya. Cukup pilih lantai dan cat dinding yang kedap cairan. Ubin keramik cocok untuk lantai dan cat minyak sesuai untuk dinding karena keduanya tidak mudah menyerap tetesan atau percikan oil pelumas. Anda cukup mengepel dan mengelapnya.



2. Tentukan ukuran garasi mobil

Ukuran garasi tergantung pada jumlah dan ukuran mobil. Untuk satu mobil berukuran rata-rata, garasi perlu berukuran paling tidak 6×3,5 meter. Jika Anda juga ingin menaruh perlengkapan otomotif atau barang-barang lain, tambahkan 1 meter pada sisi-sisinya sesuai kebutuhan. Akan lebih baik jika Anda sudah tahu dimensi mobil yang akan disimpan di garasi tersebut. Sebagai panduan dasar, garasi berukuran 6×3,5 meter cukup untuk menyimpan mobil jenis-jenis berikut (dari ukuran kecil ke besar):

  • City cars (panjang sekitar 3,5-4 meter): Jazz, Yaris, Karimun, Agya, Picanto, March, Splash, Geely, Polo, dll
  • Mobil keluarga (panjang sekitar 4,5-5 meter): Camry, Crown, Golf, Corolla, Focus, Avanza, Xenia, Innova, dll
  • SUV: Cherokee, X5, CR-V, Rush, Terios, Fortuner, dll

Pertimbangkan proporsi ukuran rumah dan garasi. Usahakan garasi tidak tampak terlalu besar dan mendominasi penampakan bagian depan rumah, kecuali jika Anda memang ingin rumah Anda kelihatan seperti bengkel.

3. Pilih jenis pintu

Beberapa jenis pintu garasi mobil tersedia di pasaran, antara lain rolling door, pintu lipat kayu, pintu lipat besi, dan pintu dua daun lebar bukaan tengah. Pertimbangkan lahan yang Anda miliki untuk pintu garasi. Jika tidak ada sisa ruang, pilihlah model rolling door atau pintu lipat yang tidak makan tempat. Pertimbangkan pula kemudahan perawatannya. Simak berbagai tips mengerjakan tugas-tugas rumah tangga di situs-situs tepercaya untuk menyingkirkan debu pada berbagai permukaan, termasuk pintu garasi yang memiliki banyak ventilasi. Kalau tidak mau repot, pilih pintu dengan permukaan rata. Selain pintu utama untuk akses keluar-masuk mobil, sediakan juga pintu masuk garasi dari dalam rumah.

4. Pilih material konstruksinya

Sebagian besar konstruksi garasi menggunakan material batu bata seperti bagian-bagian lain di rumah. Konstruksi kayu atau logam bisa menjadi alternatif. Jika Anda tinggal di daerah dataran tinggi yang dingin, bahan kayu lebih baik karena sekalian berfungsi sebagai insulator sehingga garasi dan mobil Anda tidak terlalu dingin. Sebaliknya, jika Anda tinggal di daerah panas, material logam mampu menjaga kesejukan di dalam garasi dan mobil. Baja atau aluminium berkualitas bisa menjadi pilihan terkuat jika Anda memutuskan membangun garasi berkonstruksi logam. Untuk konstruksi kayu, pastikan kayu mendapatkan perlakuan khusus dan lapisan pelindung agar tahan terhadap cuaca, air, jamur, dan serangga. [Penulis tamu : Ady Nugroho, Mavens of london]

Updated: 8 Desember 2014 — 3:58 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme