Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Perawatan Rumah Tinggal

[Atap Rumah Bocor]Membersihkan lantai, diding, pintu, jendela, langit-langit dsb. merupakan perawatan  rumah tinggal yang secara rutin dan sudah biasa dilakukan oleh setiap keluarga. Perawatan tersebut merupakan perawatan kebersihan bagian dalam rumah. Tapi, ada yang sering dilupakan oleh hampir setiap orang yaitu perawatan bagian luar.. terutama pada bagian rangka atap kayu, tutup atap dan talang. Agar rumah kita berumur panjang, tidak cepat rusak.. beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :

Segera tanggulangi jika atap rumah bocor

Atap bocor merupakan penyebab kerusakan rumah. Penyebab atap bocor bisa karena genting/tutup atap pecah atau retak, sambungan tembok pembatas (blambir) retak, atau talang seng berkarat. Kadang-kadang orang sampai lama membiarkan atap bocor karena berbagai alasan. Sebaiknya jika terjadi atap bocor segera tanggulangi jangan ditunda-tunda, sebab akibatnya akan fatal.. kayu dan tembok akan basah dan lembab sehingga akan mengundang rayap.

Periksa rangka atap secara berkala

Terutama untuk rumah yang menggunakan bahan kayu, maka secara berkala harus memeriksa ruang atap. Periksalah semua kayu mulai dari balok sampai reng apakah tidak bebas dari gangguan binatang/hama kayu seperti rayap dan bubuk. Rayap biasanya akan memakan kayu yang basah/lembab yang terkubur/menempel pada tembok. Serangan rayap relatif cepat, bila menyerang rangka plapod maka plapond akan ambruk. Sedangkan serangan bubuk biasanya cukup lamban.. yang ditandai dengan adanya kotoran bubuk berupa butiran-butiran sangat kecil.

Periksa dan bersihkan tutup atap & talang

Atap genting dan talang harus secara berkala diperiksa dan dibersihkan dari sampah-sampah daun kering. Begitu juga pada talang kantong dan lubang air biasanya suka tersumbat oleh kotoran dedaunan kering yang terbawa angin atau jatuhan dari pohon terdekat. Bila ada pohon terlalu dekat dengan rumah segeralah pangkas.

Jagalah dinding tembok jangan sampai lembab

Dinding tembok yang basah dan lembab akibat air hujan, biasanya dinding tembok  tidak beratap (blambir) yang kurang bagus kualitas plesterannya. Ini biasanya terjadi pada dinding tembok yang berbatasan dengan tembok tetangga (biasanya di komplek perumahan).  sangat sulit sebenarnya untuk mengatasi bocoran seperti ini, tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan cat kedap air. Bagi anda yang akan merenovasi rumah, maka untuk tembok yang berbatasan dengan tetangga buatlah dinding tembok yang berkualitas baik. Dinding tembok yang lembab catnya akan terkelupas.

Dengan melakukan perawatan rutin dan berkala terhadap rumah kesayangan kita, maka rumah kita akan awet dan berumur pakai panjang.

 



Updated: 1 Maret 2012 — 10:48 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme