Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tutorial SketchUp 2 : Membuat Gambar Kotak

Pada tutorial sketchup 2 saya akan menyampaikan bagaimana cara membuat gambar kotak dengan “perintah Line” dan perintah “Retangle“.¬† Mahir membuat gambar kotak dalam penggunaan sketchup itu penting, sama¬† dengan pentingnya membuat gambar garis seperti yang sudah saya sampaikan pada Tutorial Sketchup I Membuat Garis.

tutorial sketchup 2 membuat gambar kotakDalam membuat desain rumah hampir semua objek desain berbentuk kotak seperti denah, lantai, kusen, pintu dan jendela dan masih banyak lagi. Jadi Anda kalau ingin mahir membuat desain rumah harus mahir membuat kotak, yang tentu saja bukan kotak sembarang kotak, tapi kotak yang memiliki ukuran yang tepat sesuai kebutuhan pada desain rumah yang akan kita kerjakan. Cara membuat kotak menggunakan sketchup bisa menggunakan perintah “Line” dan “Retangle” Anda harus mahir menggunakan kedua cara tersebut.

Pada tutorial pertama anda sudah tau cara membuat garis menggunakan perintah “Line” dan saya sarankan anda harus berlatih membuat berbagai vaiasi ukuran serta arah garis yang berbeda, horizontal, diagonal, dan vertikal. Inilah cara membuat kotak dengan 2 cara perintah Line dan Retangle, silahkan simak langkah-langkahnya:



Membuat kotak dengan perintah Line:

  1. Buka sketchup, dan lakukan setting ukuran seperti .pada tutorial pembuka : Cara Seting Satuan Ukuran Pada Sketchup
  2. Klik ikon Top agar gambar terlihat dari atas ikon top;
  3. Klik ikon Line dan bawa kursor ke area edit gambar yang ada gambar orang berdiri lalu klik 1x. (kalau dirasakan gambar orang mengganggu silahkan hapus dengan mengklik ikon “Erase” lalu arahkan kursor ke gambar yang akan dihapus dan klik 1x.); ikon line
  4. geser mouse sedikit ke kanan (horizontal) klik Tab 1x, ketik angka 600 dan enter;
  5. geser mouse sedikit ke atas (vertikal) klik Tab 1x, ketik angka 1000 dan enter;
  6. geser mouse sedikit ke kiri (horizontal klik Tab 1x,, ketik angka 600 dan enter;
  7. geser mouse sedikit ke bawah (vertikal) klik Tab 1x,, ketik angka 1000 dan enter.

Dengan 7 langkah kotak berukuran 600 cm x 1000 cm, atau 6 x 10 m sudah selesai. Ukuran kotak 6 x 10 m biasa digunakan untuk denah rumah KPR type 21/60.
Catatan : geser mouse adalah menggerakan mouse tanpa menekan tombol klik. Geser mouse sambil menekan tombol klik disebutnya “Drag”, jadi yang saya maksud dengan geser mouse bukan drag..mohon diingat! Dan anda harus benar-benar menggeser mouse sedikit aja, sebab dengan mengetik angka..panjang garis akan sesuai persis dengan angka yang anda ketik. Untuk meyakinkan panjang garis yang anda buat dengan cara klik 1x ikon “Tape Measure Tool” (gambar meteran) lalu arahkan kursor ke titik awal garis yang anda buat dan klik 1x lalu arahkan kursor ke titik akhir garis (jangan diklik) maka akan terlihat panjang garis yang anda buat. Instruksi : lakukan praktek membuat kotak dengan ukuran yang berbeda sampai mahir.

Membuat kotak dengan perintah Retangle:

Sebelum membuat kotak gambar garis di simpan dengan perintah file save, dan beri nama latih1 dan buat file baru dengan perintah file new.

  1. Setting ukuran;
  2. klik ikon Top agar gambar terlihat dari atas;
  3. klik ikon Retangle (disebelah ikon “Line) lalu bawa kursor ke area gambar;
  4. geser mouse sedikit ke arah kanan (diagonal) klik Tab 1x, ketik angka 600,1000 enter.

Hanya dengan 4 langkah, gambar kotak ukuran 600 x 1000 cm sudah jadi. Selanjutnya silahkan anda berlatih sampai mahir membuat gambar kotak berbagai ukuran, sehingga ketika saya menyampaikan materi berikutnya langsung nyambung.

Kiranya tutorial 2 membuat kotak dengan perintah line dan retangle dukup sekian, sampai jumpa pada tutorial berikutnya dengan materi yang berbeda.

Posting sebelumnya: Tutorial Sketchup I Membuat Gambar Garis

Updated: 28 Agustus 2015 — 9:25 am
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme