Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tutorial SketchUp 5: Menggambar Dinding Rumah

Pada tutorial sketchup 5 saya akan menyampaikan materi menggambar dinding sebagai lanjutan materi sebelumnya menggambar denah rumah sederhana. Pada materi 1 sampai 4 merupakan materi dasar dan masih merupakan gambar 2 dimensi (2D), sedangkan materi yang akan saya sampaikan sekarang merupakan desain 3 dimensi (3D).

tutorial sketchup 5 menggambar dinding

Perintah sketchup yang akan digunakan adalah perintah-perintah yang sudah dipelajari dan ditambah beberapa perintaj baru diantaranya : Push, Orbit, Iso, Top serta yang lainnya dan saya tidak akan menjelaskan satu persatu cara penggunaanya untuk dihafal, saya akan langsung mengajak anda untuk mempraktekannya berulang-ulang, maka dengan begitu akan lebih efektif.

Ikon Perintah yang digunakan:

ikon top orbit dan lainnya

Langkah-langkah menggambar dinding:

  1. Buka file latih4 lalu save as ke file latih5
  2. Lakukan edit pada latih4, dinding diubah menjadi tanpa tendela dan pintu, seperti pada gambar denah di atas.
  3. Gunakan perintah Eraser untuk menghapus garis jendela, kolom pada setiap pojok dan peretemuan tembok dengan cara menglik 1x ikon Eraser (penghapus) lalu arahkan ke objek yang akan dihapus dan klik setiap akan melakukan penghapusan (cukup mudah!).
  4. Untuk menambah dinding bekas lubang pintu gunakan ikon Retangle atau ikon Line caranya seperti ayang anda sudah praktekan pada materi membuat gambar kotak dan meteri menggambar garis.
  5. Setelah selesai mengubah gambar denah  persis seperti gambar denah di atas, klik ikon Push 1x arahkan kursor ke denah dan geser mouse ke atas sedikit, klik Tab 1x, ketik angka 320 dan enter. Lihat gambar dinding sudah naik setinggi 320 cm. Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini:

tutorial 5a menggambar dindingKetinggian dinding 320 cm diasumsikan dihitung mulai beton sloof, setelah lantai dinaikan 10 cm dan dikurangi plapond 10 cm, maka tinggi plapon dari lantai menjadi 300 cm.

Untuk lebih jelas, lihat video klipnya.





Untuk Tutorial 5 saya cukupkan sampai di sini, silahkan anda melakukan latihan berulang-ulang sampai faham dan mahir. Sampai jumpa dengan materi berikutnya, semoga bermanfaat.

Posting sebelumnya: Tutorial Sketchup 4: Cara Menggambar Denah Rumah

Updated: 4 September 2015 — 5:12 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme