Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tutorial SketchUp: Menggambar Rumah Sederhana 3D

Tutorial sketchup ini adalah lanjutan materi sebelumnya dan merupakan tutorial terakhir. Materi yang akan saya adalah cara menggambar kusen pintu. Sebelum mempraktekan materi ini diharapkan anda sudah memahami dan melakukan latihan materi sebelumnya.

latihan gambar dengan sketchupGambar di atas adalah hasil akhir dari tutorial SketchUp yang dapa saya sampaikan.
Sebelum memulai kita buka file latih4 dan tampilkan gambar dalam Isometri dengan cara mengklik ikon Iso 1x.

Meninggikan Lantai

Sebelum menggambar kusen, kita tinggikan dulu lantai setinggi 10 cm dengan mengklik 1x ikon Push, arahkan mouse ke lantai, geser mouse sedikit ke atas, klik Tab 1x dan ketik angka 10 lalu enter. Lakukan hal yang sama untuk lantai kamar mandi, namun menaikannya hanya 5 cm. Untuk melihat bagian gambar yang tersembunyi, gunakan ikon Orbit dengan cara mengklik 1x dan arahkan ke gambar lalu putar. Sebelum memgambar kusen pintu, lantai ruang tamu dan kamar tidur perlu dinaikan setinggi 10 cm, sedangkan lantai kamar mandi dinaikan 5 cm dengan menggunakan ikon Push + Tab + Ketik angka + Enter.

Kusen Pintu Depan
  1. Klik 1x ikon Line, buat garis bantu vertikal membagi 2 tembok bagian depan persis sisi kanan tembok skat tengah. Arahkan mouse ke ujung garis paling bawah klik 1x, geser mouse sedikit ke atas, klik Tab 1x lalu ketik angka 10 dan enter dan terlihat ada titik. Lanjutkan dengan mengklik ikon Retangle 1x lalu arahkan mouse ke titik tersebut, kemudian geser mouse sedikit ke arah kanan diagonal, klik tombol Tab 1x dan ketik angka 215,90 lalu enter, maka akan terlihat hasilnya kotak berukuran 215 x 90 Cm.
  2. Klik ikon Offset lalu arahkan mouse ke salah satu sisi kotak, geser mouse sedikit kedalam kotak, klik Tab dan ketik angka 5 lalu enter. Akan terbentuk garis sejajar dengan tebal 5 cm membentuk kotak baru.
  3. Hapus garis kotak bagian dalam bawah kusen, caranya klik ikon Line, arahkan mouse ke titik pojok dalam bawah kiri dan klik 1x, geser mouse sedikit klik 1x titik potong. Lakukan hal yang sama ke pojok kanan. Setelah selesai hapus garis kotak bagian dalam bawah kusen dengan mengklik ikon Eraser.
  4. Klik ikon Push, arahkan mouse ke kotak, geser mouse dedikit ke dalam, klik Tab 1x lalu ketik angka 15 dan enter, maka kusen pintu depan sudah jadi.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada tampilan video di bawah ini:



Untuk materi materi selanjutnya : menggambar kusen pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, pintu belakang, daun jendela daun pintu, menggambar dak beton, menggambar atap dan render menggunakan VRay akan saya sampaikan langsung melalui video dan dapat Anda akses dari halaman ini.

Beberapa hal yang penting perlu diingat bahwa dalam menggunakan perintah-perintah SketchUp dengan menggunakan tombol ikon perintah, masih ada perintah yang tersembunyi yaitu kombinasi penggunaan tombol Keyboard.

Beberapa perintah yang sering digunakan dan penting dalam menggunakan SketchUp:

Move + Ctrl + Tab + Ketik angka 300 = mengcopy objek dengan jarak 300 Cm
Move + Tab + Ketik angka 300 = memindahkan objek dengan jarak 300 Cm
Push + Tab + Ketik angka tertentu = untuk meninggikan/menurunkan objek gambar seperti lantai, tiang, dll.
Scroll mouse berguna untuk zoom objek gambar lebih cepat daripada menggunakan perintah ikon zoom.



Objek Gambar yang akan dicopy atau dipindahkan harus dipilih dengan perintah ikin Select. Untuk meninggikan/menurunkan objek cukup tekan ikon Push lalu arahkan kursor, geser sedikit lalu tekan Tab dan ketik angka + enter.

Munkin itu saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kekurangan, dan semoga bermanfaat.

Updated: 4 September 2015 — 7:42 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme