Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Utamakan Kualitas Struktur Ketika Anda Membangun Rumah

Dalam membangun rumah, kokoh tidak nya sebuah bangunan rumah sangat ditentukan oleh kualitas struktur. Apa itu struktur? Struktur bangunan gedung termasuk bangunan rumah adalah: pondasi, beton sloof, beton kolom, dan ring balok beton.

Pondasi

kualitas struktur bangunan rumahStruktur bagunan rumah satu lantai konstruksinya berbeda dengan bangunan rumah lebih dari satu lantai. Kedalaman galian pondasi untuk rumah satu lantai tentu berbeda dengan kedalaman galian pondasi rumah 2 lantai.

Jangan menganggap sepele atau menganggap remeh pekerjaan pondasi ketika Anda membangun rumah, mulai dari pekerjaan galian sampai pemasangan pondasi harus benar-benar dikerjakan dengan benar. Apabila memiliki gambar konstruksi maka harus mengikuti ukuran-ukuran yang tercantum dalam gambar. Apabila ada RAB-nya maka komposisi adukan harus mengikuti RAB, jangan asal-asalan seperti yang sering terjadi di lapangan.

Pernahkah Anda bertanya kepada tukang bangunan Anda mengenai komposisi adukan pasangan pondasi batu ketika Anda membangun rumah? Kebanyakan tidak. Rata-rata mereka percaya begitu saja kepada tukang bangunan, terlebih lagi kalau membangun rumah tanpa gambar dan RAB.

Untuk adukan pasangan pondasi batu kali pada bangunan rumah 1 semen : 3 pasir (sangat disarankan), atau adukan 1 semen : 4 pasir, dan paling jelek 1 semen : 5 pasir. Lebih dari itu kurang dapat dipertanggung jawabkan, dan tentunya harus menggunakan pasir pasang berkualitas baik (kandungan tanahnya kecil).



Kedalaman galian tanah pondasi batu kali untuk rumah 1 lantai (tanah normal) adalah 80 s/d 100 cm. Sedangkan untuk bangunan 2 lantai minimum 125 cm dan setiap sudut dan pertemuan dinding ditambah pondsi plat beton dengan ukuran plat beton 100 x 100 x 20 cm, banyak orang menyebutnya pondasi cakar ayam.

Beton Sloof

Beton sloof adalah balok beton yang dipasang di atas pondasi batu kali. Ukuran penampang beton sloof bangunan 1 lantai dengan bangunan 2 lantai tentu berbeda. Ketika Anda akan membangun rumah, sebaiknya Anda sebelumnya membuat gambar konstruksi dengan meminta bantuan ahlinya.

Ukuran penampang beton sloof untuk bangunan rumah 1 lantai cukup menggunakan ukuran 12 x 20 cm dengan tulangan utama beton menggunakan minimum besi diameter 10 mm, sedangkan untuk ring menggunakan besi beton diameter 8 mm dengan jarak antar ring 20 cm. Adukan beton minimum menggunakan perbandingan 1 semen : 2 pasir beton : 3 split (koral beton). Pasir beton dan split harus menggunakan yang berkualitas baik.

Untuk bangunan rumah 2 lantai, penampang sloof ukuran 15 x 25 cm, atau lebih, besi beton yang digunakan minimum besi betongunaka diameter 12 mm, atau 16 mm, ring cukup besi beton 8 mm. Adukan beton dengan campuran sama dengan di atas, atau lebih bagus lagi menggunakan adukan ready mix (beton kualitas K-225, K-250, atau K-275).

Tiang Kolom dan Ring Balok Beton

Untuk tiang kolom dan ring balok beton hampir sama menggunakan besi beton seperti di atas. Kusus untuk bangunan 2 lantai, tiang kolom menggunakan besi beton diameter 16 mm (ulir).

Apabila bengunan rumah Anda memiliki konstruksi struktur yang berkualitas, maka untuk bahan material dinding jenis apapun tidak pengaruh, mau bata merah, batako putih, atau hebel.. sama saja, sebab dinding bukan merupakan struktur bangunan.

Kiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai pentingnya struktur bangunan yang baik untuk kekuatan sebuah bangunan gedung khususnya bangunan rumah tinggal baik rumah 1 lantai atau rumah 2 lantai. Semoga bermanfaat.

Updated: 12 Maret 2015 — 9:53 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme