Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Yang Harus Dipersiapkan Matang Sebelum Membangun Rumah Berikut Rencana Anggaran Biayanya (RAB)

Seiring dengan harga bahan bangunan, upah kerja, serta lahan yang cukup mahal saat ini, maka biaya untuk memiliki sebuah rumah perlu dibayar dengan harga yang mahal. Terlebih lagi kalau kita membeli rumah di lingkungan perumahan baik kontan, apalagi kalau dengan cara kredit.

 



Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi khususnya bagi Anda yang pada saat ini punya rencana ingin membangun rumah sendiri di atas lahan yang sudah Anda miliki. Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan secara matang sebelum Anda melaksanakan niat membangun sebuah rumah. Hal tersebut sangat penting jangan sampai terjadi trial error pada saat Anda sedang berlangsung melaksanakan pekerjaan pembangunan, seperti salah pemilihan bahan, salah penataan ruang, kurang dana, sistem kerja yang buruk, dan sebagainya.

 

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum Anda melaksanakan pekerjaan membangun sebuah rumah idaman?

Beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan adalah sebagai berikut: lahan, gambar rencana rumah (denah, tampak, potongan melintang/memanjang, gambar detail), RAB (Rencana Anggaran Biaya), dan Sistem Pelaksanaan Pekerjaan yang akan digunakan nanti (sistem kerja harian, sistem kerja full borongan, sistem kerja upah borong)

 

1. Lahan

Berapa luas lahan yang sudah Anda miliki (M2), dan berapa ukuran dimensi lahan Anda berapa lebar depan (M), berapa panjang ke belakang (M), ke arah mana lahan bagian depa menghadap (ke utara, selatan, barat, timur), apakah di sekeliling lahan Anda sudah ada rumah atau masih kosong, apakah lahan Anda berada di lingkungan perumahan/kavling atau di perkampungan?

Sejumlah informasi tentang lahan anda sangat berguna untuk membuat gambar perencanaan, seperti berapa ukuran rumah anda yang ideal untuk dapat dibangun di atas lahan tersebut.

2. Gambar Rencana Bangunan

Gambar rencana sangat penting, sebab rumah yang akan Anda bangun tentunya harus sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda dan keluarga, nyaman dihuni, memiliki kriteria desain rumah sehat (cukup cahaya, cukup sirkulasi udara).

Dengan gambar rencana kita bisa menghitung kebutuhan biaya material sesuai bahan material yang ingin kita gunakan, serta untuk mengetahui besaran biaya upah kerja yang diperlukan. Juga dengan gambar tersebut kita dapat mengajukan Surat Ijin Membangun kepada Instansi terkait. IMB wajib dibuat sebelum melaksanakan pembangunan kalau bangunan kita tidak ingin digusur/dihentikan oleh Instansi terkait.

Untuk mendapatkan gambar rencana sebaiknya minta bantuan orang ahli/arsitek, baik itu teman, saudara, atau jasa perencanaan.

3. Anggaran Biaya (RAB)

Dengan berdasarkan gambar rencana, maka kita bisa menyusun kebutuhan anggaran biaya membangun (RAB) sesuai dengan bahan-bahan material yang akan digunakan. Agar biaya membangun tidak terlalu mahal tentunya tergantung bahan material yang akan digunakan, semakin mahal material yang akan digunakan maka akan semakin mahal pula biaya membangunnya.

4. Sistem Pelaksanaan Pembangunan

Sistem pelaksanaan pekerjaan perlu direncanakan, apakah dengan sistem kerja harian, sistem full borongan, atau sistem kerja upah borong. Untuk menentukan sistem pelaksanaan pekerjaan Anda bisa minta bantuan orang yang sudah membantu membuat gambar rencana & angggaran biaya.

Apabila Anda akan membangun rumah dengan menggunakan bahan-bahan bangunan sederhana standar, maka Anda bisa menghitung RAB dengan menggunakan Software RAB Rumah sederhana, softwarenya bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau Klik Disini. Selain mendapatkan softwarerab, pembeli akan mendapatkan bonus pukuhan contoh gambar desain rumah sederhana yang mungkin ada yang sesuai dengan ukuran dimensi lahan yang Anda miliki.

Demikian yang dapat saya bagikan dalam artikel kali ini, semoga ada manfaatnya.

Updated: 22 November 2017 — 11:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme