Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Ciri Khas Desain Rumah Minimalis

Istilah desain rumah minimalis dalam dunia properti masih tetap populer, khususnya pada bangunan rumah. Para desainer arsitektur masih terus berlomba menciptakan desain rumah minimalis, mulai dari desain rumah sederhana minimalis, desain rumah mewah minimalis, desain rumah modern minimalis, dan sebagainya.

 


ciri-ciri desain rumah minimalis

CONTOH DESAIN RUMAH MINIMALIS



 


Sebagai orang awam tentunya akan bertanya-tanya sebenarnya apa yang menjadi ciri khas dari sebuah desain rumah minimalis. Untuk mencari informasi yang pasti mengenai ciri-ciri dari desain rumah minimalis, saya telah melakukan browsing di internet, tetapi sampai sekarang belum menemukan penjelasan yang memuaskan dan rinci. Termasuk di wikipedia, saya belum menemukannya.

Pada sebuah blog saya menemukan penjelasan umum mengenai karakter atau ciri-ciri sebuah desain rumah minimalis, ada 3 ciri-ciri yang menonjol, sebagai berikut :

  1. Rancangan desain rumah minimalis penekanannya lebih kepada kualitas/fungsi dibandingkan pada kuantitas, misalnya pengaturan ruangan. Contoh menghindari banyak sekat ruangan. Ruangan yang fungsinya untuk aktivitas umum/keluarga dibuat tanpa sekat atau digabungkan. Misalnya ruang makan, ruang keluarga dan dapur digabungkan.
  2. Rancangan permukaan setiap bidang bangunan lebih menekankan pada kepolosan dan natural, misalnya permukaan dinding yang blank daripada dinding yang penuh dengan ornamen. Kemudian sudut-sudut tiang beton dan plat beton yang polos tanpa profil yang rumit dan membuang biaya dalam mengerjakannya.
  3. Dalam memilih elemen dekorasi dilakukan dengan sangat cermat, lebih menekankan kepada fungsi, bukan sekedar hiasan.

Dari ketiga ciri di atas, katanya berdasarkan kadar minimalis-nya masih bisa digolongkan menjadi tiga prinsip minimalis yaitu, minimalis ekstrim, minimalis sedang, dan minimalis ringan. Ketiga prinsip tersebut tidak dapat saya uraikan seperti aslinya, tetapi secara singkat menunjukan persentase keminimalisannya, ekstrim berarti full minimalis, minimalis sedang mungkin hanya 50 persen, sedangkanĀ  yang ringan mungkin minimalisnya hanya 10 sampai 20 persen, barangkali begitu. Itulah yang baru saya ketahui tentang ciri-ciri desain rumah minimalis, dan secara berkala saya masih ingin mengetahui yang lebih jelas dan rinci dan jelas dasarnya termasuk sebenarnya siapa yang menemukan istilah desain rumah minimalis.

Sumber : hitrumah.blogspot.com

Updated: 19 Agustus 2014 — 12:54 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme