Desain Tungku Kayu Hemat Energi Untuk Rumah Pedesaan | Desain Rumah Sederhana

Homepage » Desain » Desain Tungku Kayu Hemat Energi Untuk Rumah Pedesaan

Desain Tungku Kayu Hemat Energi Untuk Rumah Pedesaan

March 8th, 2012 8 Comments

[tungku prespektif]

Permukaan tungku harus rata, agar asap tidak keluar lewat bawah alat. Kalau masih ada asap keluar.. gunakan abu untuk menutupnya. Alat memasak jangan menggunakan ganjal.. biar asap langsung masuk cerobong.

Ternyata kebiasaan di pedesaan, memasak menggunakan tungku kayu bakarsudah sangat melekat dan susah untuk diganti dengan cara modern seperti penggunaan kompor gas atau kompor minyak tanah. Hal ini sangat dimaklumi, sebab bagi masyarakat pedesaan lebih mudah menggunakan kayu bakar daripada menggunakan kompor gas atau kompor minyak tanah.. lagi pula sampai saat ini untuk mendapatkan kayu bakar tidak perlu mengeluarkan uang. Tapi, walaupun begitu pada suatu saat ketersediaan kayu bakar akan berkurang sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di pedesaan, sebab  untuk mendaur ulang pepohonan perlu waktu lama .

Selama ini saya mengembara dan tinggal di kota dan tidak merasakan secara langsung penggunaan kayu bakar. Tapi, setahun sekali atau beberapa bulan sekali saya suka meluangkan waktu untuk pulang kampung menengok orang tua sekaligus melepas kerinduan pada kampung halaman tempat dimana saya terlahir dan dibesarkan. Tempat kelahiran saya tepatnya berada di pinggiran gunung Tampomas sebelah utara kota Sumedang. Di sana di kampung halaman, saya selalu bertemu nasi kukus yang ditanak menggunakan tungku kayu bakar dengan alat masak tradisional (istilah sunda : seeng + aseupan bambu),  dengan cita rasa yang sangat jauh berbeda dengan nasi di kota yang ditanak menggunakan alat modern.

Tungku kayu yang biasa digunakan di kampung saya terbuat dari tanah liat yang memiliki 2 (dua) lubang api untuk memasak, yaitu sebuah lubang api utama..persis di atas nyala kayu bakar.. dan lubang api yang satu lagi berada di pinggir sebelah kanan. Model dan desain tungku kayu tersebut dari dahulu ketika saya masih anak-anak sampai sekarang tidak ada perubahan. Tungku kayu model tersebut tidak effisien dan sangat boros kayu bakar, peralatan masak hitam dan kotor, serta mengeluarkan asap begitu banyak karena sistem pembakaran kurang sempurna, sehingga membuat mata pedih bagi orang yang tidak terbiasa.

[tungku depan]

Bagian kanan dan kiri tungku diberi lubang ventilasi menggunakan pipa besi 1 1/4 inch agar nyala api sempurna.

Pada suatu saat saya berfikir, bagaimana agar orang tua saya dapat menghemat kayu bakar dan bagaimana cara mengurangi agar jumlah asap dapur tidak terlalu banyak. Saya coba-coba mencari di internet. Tapi tidak banyak website yang memuat materi ini. Ada juga beberapa website yang memuat artikel tentang bagaimana cara mengatasi persoalan tersebut di atas, tapi sayangnya tidak memberikan desain gamabar tungku secara jelas dan rinci.

[tungku belakang]

Cerobong asap menggunakan pipa besi galvanis 4 inch. Bagian belakang tungku harus mepet ke dinding tembok, pipa cerobong harus langsung keluar tebok. Di luar tembok baru dibelokan ke atas kurang lebih panjangnya 3 m (sampai melewati genting). Pipa sampai setinggi 2 m panas (hati-hati).

Pada artikel kali ini saya mencoba untuk melengkapi desain tungku kayu hemat energi lebih jelas dan rinci. Spesifikasi tungku tersebut dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Desain tungku dengan 2 (dua) buah lubang api. Lubang api pertama dibuat dibagian depan dan lubang api yang ke dua dibagian belakang (jarak/ukuran lihat gambar).
  2. Bahan baku tungku bisa menggunakan : [1] batu bata merah dengan perekat + plesteran dengan adukan semen-pasir (1pc : 3 pasir), penggunaan bahan ini cepat pembuatannya.. tetapi daya tahan tungku tidak tahan lama, bagian luar tungku panas ketika digunakan; [2] menggunakan full adonan tanah liat, arang skam/abu, sekam mentah, pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1 diaduk secara merata dengan menggunakan kaki (istilah sunda : diluluh), penggunaan bahan ini sangat direkomendasikan sebab biayanya sangat murah, tahan lama, dan tidak panas ketika tungku digunakan; [3] kombinasi bata merah dengan adonan tanah liat, yaitu adonan tanah liat digunakan sebagai perekat dan plesteran (pembungkus) batu bata agar tungku bagian luar tidak panas ketika digunakan.
  3. Cerobong asap, pada bagian belakang tungku diberi lubang udara untuk disambungkan ke cerobong asap. Cerobong asap bisa menggunakan pipa hong gerabah/tanah atau pasangan batu bata merah, atau dapat juga menggunakan pipa besi 4 inchi (tapi tidak disarankan sebab, harganya sangat mahal). Jangan menggunakan pipa PVC, sebab bisa meleleh dan terbakar. Pada kedua pinggir tungku diberi 3 buah lobang udara jarak antar lunbang 2 cm nya dengan diameter pipa 1/2 inch.. tepatnya 20 cm dari depan dan 7 cm dari dasar tungku. (maaf di gambar saya lupa tidak dibuat).
  4. Permukaan tungku dibuat rata..sehingga apabila ditaruh alat memasak, maka pada bagian bawah alat harus rapat tidak boleh ada celah udara sedikitpun keluar. Dengan demikian maka panas api akan terpusat pada alat, dan bagian pinggir alat memasak akan bersih seperti menggunakan kompor gas atau kompor minyak tanah.
  5. Hemat energi, tungku kayu tersebut hemat kayu bakar sampai 50% dari biasanya, dan asap dapur akan sedikit.. sebab keluar dengan baik melalui cerobong asap, hal ini disebabkan karena sistem pembakaran cukup sempurna.
[tungku dalam]

Pada bagian dalam, dasar tungku dimiringkan mulai lubang tungku ke dua sampai bangian bawah cerobong asap.

Apabila saudara yang kebetulan berasal dari pedesaan dapat mempraktekan di kampung halaman kalau nanti pulang kampung. Silahkan anda dapat meng-copy di sini desain tungku kayu hemat energi, dan copy gambar format AutoCad di sini.. Apabila masyarakat pedesaan dapat menggunakan tungku model ini, maka secara makro akan menghemat penggunaan kayu bakar.. sehingga mengurangi krisis hutan.  Semoga bermanfaat dan semoga anda dapat mensosialisasikan tungku hemat energi di pedesaan tempat anda dilahirkan. Silahkan kirim email jika anda ingin gambar yang jelas (format AutoCad).



Gimana posting saya..Teman SUKA?


Sign up free email newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

8 Responses to “Desain Tungku Kayu Hemat Energi Untuk Rumah Pedesaan”

  1. Phebby ukhti says:

    Mz saya mnta gambar aCAD x jg ya.buat bahan materi kuliah saya…
    syukron sblmx…………..

  2. jevi says:

    Terima kasih mas buat informasi nya, sangat berguna.
    Bisa di kirimkan gambar auto cad nya mas..terimakasih sebelumnya…

  3. dantyka says:

    terima kasih atas infonya. saya minta tolong diemailkan gambar jelas tentang tungku hemat energi. terima kasih banyak

  4. farid says:

    mas bisa kirim gambar autocadnya ke email saya, buat pengabdian kepada tukang surabi disekitar kampus. :)

  5. yanti says:

    thanks banget infonya, di kampung saya juga msh banyak yg pake tungku tp dengan model yang umum dan menimbulkan banyak jelaga< kebetulan saya juga lagi mau bikin dapur tradisional jadi pas deh dapet desain tungku ini. hatur nuhun pisan

  6. sutrisna says:

    trima kasih informasinya.., tolong minta di e-mail tungku hemat energi,,. sy tertarik untuk membuatnya,..

 
Desain Rumah Sederhana Search form
Rumah Dijual – Ciomas Bogor
tampak-depan

Alat Membuat RAB Rumah

Google PageRank Checker