Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Sistem Membangun Rumah Tinggal Elit Biaya Milyaran Rupiah

Apabila Anda akan membagun sebuah rumah tinggal elit bernilai milyaran rupiah seperti rumah-rumah artis, rumah pejabat tinggi, rumah konglomerat tentunya jauh berbeda dengan hanya membangun rumah tinggal biasa yang nilainya ratusan juta rupiah.

Untuk membangun sebuah rumah elit, mewah, besar dengan biaya milyaran rupiah memerlukan sistem pembangunan yang terdiri dari tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui, mulai dari tahapan pengadaan jasa konstruksi, tahapan perencanaan, dan tahapan pelaksanaan dan pengawasan oleh kontraktor pelaksana jasa konstruksi dan konsultan pengawas konstruksi.

 

Tahapan Pengadaan Jasa Konstruksi

Pengadaan jasa konstruksi meliputi penunjukan konsultan perencana, kontraktor pelaksana, dan konsultan pengawas. Untuk menunjuk ketiga komponen tersebut tidak bisa dilakukan oleh sendiri (pemilik rumah), tapi harus menggunakan ahli pengadaan jasa konstruksi yang berpengalaman. Untuk mendapatkan tim pengadaan jasa konstruksi yang handal dan berpengalaman bisa menghayer tim pengadaan jasa konstruksi pada instansi pemerintah terkait dan mengundang mereka untuk menjadi tim pengadaan jasa konstruksi rumah anda.

Pada tahap awal mereka akan menunjuk konsultan perencna dengan kriteria yang menurut peraturan layak untuk ditunjuk sebagai konsultan perencana rumah Anda. Kemudian menugaskan konsultan perencana untuk membuat perencanaan rumah Anda yang produknya adalah gambar desain perencanaan, RAB, Bill Of quantity (BQ), Rencana Kerja dan Persyaratan (RKS). Konsultan perencana akan bekerja sesuai kontrak kerja yang sudah dibuat,  desain dan ukuran rumah sesuai dengan yang diinginkan pemilik rumah yang telah disampaikan kepada Tim Pengadaan.

Setelah produk perencanaan selesai dan proses pengajuan surat ijin bangunan sudah mendapat persetujuan instansi terkait, maka tugas Tim Pengadaan selanjutnya adalah menunjuk kontraktor pelaksana pembangunan, tentunya dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh Tim Pengadaan. Bersamaan dengan penunjukan Kontraktor Pelaksana, juga Tim Pengadaan menjunjuk Konsultan Pengawas untuk mengawasi pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan oleh Kontraktor Pelaksana.

 

Tahapan Pelaksanaan

Setelah tahapan pengadaan jasa konstruksi yang didalamnya sudah berjalan tahapan penunjukan konsultan perencana dan dimulainya tahapan perencanaan sampai semua produk perencanaan selesai, kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas sudah ditunjuk, maka selanjutnya adalah tahap pelaksanaan.



Dalam tahapan pelaksanaan yang menjadi pemeran utama adalah kontraktor pelaksana yang akan diawasi setiap saat olek konsultan pengawas. Dalam hal ini jangan sampai ada kerjasama negatif antara kontraktor pelaksana dengan konsultan pengawas, maka oleh sebab itu pihak owner harus menunjuk seorang ahli yang ditugaskan untuk memonitor kinerja kontraktor dan konsultan pengawas.

Kira-kira seperti itulah sistem membangun rumah tinggal elit bernilai milyaran rupiah. Dengan dilakukan oleh beberapa komponen sesuai keahlian masing-masing maka hasilnya akan sesuai dengan perencanaan, baik kualitas maupun kuantitasnya.

Updated: 10 Oktober 2015 — 2:34 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme