Desain Rumah Sederhana

Info seputar dunia properti, gambar desain rumah, aksesoris, rab dan bahan bangunan

Tips Merancang Desain Rumah Sehat

Rumah yang sehat bukan hanya dilihat dari kebersihannya saja, misal lantainya setiap hari dibersihkan dan dipel, kacanya dibersihkan setiap hari, dsb, tapi kalau rumah tersebut pencahayaan alami dan ventilasinya kurang baik maka rumah tersebut belum tepat dikatakan sebuah rumah sehat.

Ventilasi dan pencahayaan memegang peranan penting dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kesempurnaan desain sebuah rumah sehat.

 

Ventilasi Udara

Ventilasi atau lebih dikenal dengan sirkulasi udara, artinya sebuah rumah dikatakan ventilsinya baik apabila sirkulasi udara didalam rumah tersebut baik. Membuat ventilasi yang baik dalam sebuah rumah dengan cara membuat lubang-lubang ventilasi yang ukurannya cukup. Lubang ventilasi biasa kita buat pada setiap bagian atas pintu dan jendela. Lubang ventilasi di atas pintu dan jendela bisa menggunakan bahan yang sama dengan kusen atau bisa juga dengan roster keramik atau roster tanah bakar.

Selain berupa lubang-lubang yang dipasang di atas jendela atau bagian dinding lainnya, juga ventilasi bisa berupa ruang terbuka atau ruang tanpa diberi atap. Ventilasi seperti ini perlu dibuat jika kita membangun pada lahan yang sempit dan pas-pasan dimana semua lahan dibangun tanpa overstek, seperti rumah-rumah di lingkungan perumahan.

Ruang tangga pada rumah 2 lantai juga selain berguna untuk tangga yang menghubungkan lantai 1 dan lantai di atasnya, juga sangat berfungsi sebagai ventilasi. Oleh karena itu sebaiknya membuat ukuran tangga jangan terlalu sempit.

 

Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami yang baik merupakan salah satu faktor yang akan membuat rumah yang bersangkutan rumah sehat. Pencahayaan alami adalah pencahayaan yang didapat bukan dari lampu, tetapi dari sinar matahari di waktu siang hari. Tidak sedikit rumah yang pada siang hari harus manggunakan cahaya lampu. Agar rumah mendapat pencahayaan alami yang baik, maka ketika mendesain jendela kaca sebaiknya dengan ukuran yang cukup besar, agar cahaya yang masuk ke dalam ruangan cukup terang. Usahakan setiap ruangan mendapat cahaya yang cukup.

Ruang terbuka di bagian dalam ruangan selain untuk sirkulasi udara, juga  merupakan ruangan tempat masuknya sinar matahari.

Itulah sedikit tips merancang desain rumah yang sehat dengan memperhatikan ventilasi dan pencahayaan alami, semoga bermanfaat.



Updated: 4 Januari 2016 — 12:25 pm
Desain Rumah Sederhana © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme